news

2023-10-01

How are biodegradable plastic granules manufactured?

Produksi biji plastik biodegradable melibatkan proses yang kompleks dan beragam. Biji plastik biodegradabel sering kali dibuat dari bahan baku seperti pati nabati, selulosa, dan poliester alami. Tujuan utama dari biji plastik ini adalah untuk mengurangi dampak negatif plastik konvensional terhadap lingkungan.

Salah satu bahan baku yang sering digunakan untuk membuat biji plastik biodegradable adalah pati nabati. Pati nabati, seperti pati jagung atau pati singkong, adalah bahan organik yang mudah terurai dan dapat digunakan sebagai pengganti plastik konvensional. Proses pembuatan biji plastik biodegradable dari pati nabati dimulai dengan mengambil pati dalam bentuk serbuk. Serbuk pati kemudian dicampur dengan air untuk membentuk massa yang kental.

Setelah itu, massa pati tersebut dipanaskan dan diaduk secara teratur menggunakan mesin cetak. Proses ini dilakukan untuk menghilangkan kelembaban dan membentuk komposisi massa menjadi bentuk padat. Setelah mengering, massa pati akan menjadi bentuk seperti biji plastik kecil yang siap digunakan. Bijih plastik biodegradable yang dihasilkan dari pati nabati dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti kemasan makanan, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

Selain pati nabati, biji plastik biodegradable juga dapat dibuat dari selulosa. Selulosa adalah bahan organik yang terdapat dalam berbagai tumbuhan, seperti kayu dan serat tanaman. Untuk membuat biji plastik biodegradable dari selulosa, proses dimulai dengan menghancurkan bahan baku selulosa menjadi serbuk halus. Serbuk selulosa tersebut kemudian dicampur dengan pelarut dan dimasukkan ke dalam mesin pencetak. Mesin akan mencetak campuran serbuk selulosa dan pelarut menjadi bentuk biji plastik kecil.

Setelah dicetak, biji plastik biodegradable dari selulosa dikeringkan menggunakan alat pengering. Proses pengeringan dilakukan untuk menghilangkan pelarut dan menghasilkan biji plastik yang kering dan padat. Biji plastic biodegradable ini siap digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengemasan, penyimpanan makanan, dan industri peralatan rumah tangga.

Selain menggunakan pati nabati dan selulosa, biji plastik biodegradable juga dapat dibuat dari poliester alami. Poliester alami adalah bahan plastik yang terbuat dari bahan baku seperti minyak nabati dan pati. Untuk membuat biji plastik biodegradable dari poliester alami, bahan baku poliester dicampur dengan zat aditif dan pewarna yang diperlukan. Campuran ini kemudian dipanaskan dan dicetak dalam mesin cetak plastik.

Proses panas dan tekanan dalam mesin cetak plastik akan membantu menciptakan bentuk biji plastik yang diinginkan. Setelah proses pencetakan, biji plastik biodegradable dari poliester alami dikeringkan menggunakan alat pengering. Proses pengeringan ini penting untuk menghilangkan kelembaban dan menghasilkan biji plastik yang kering dan siap digunakan.

Penting untuk dicatat bahwa proses produksi biji plastik biodegradable bisa berbeda-beda tergantung pada bahan baku yang digunakan dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan. Namun, prinsip dasar pembuatan biji plastik biodegradable adalah mengubah bahan baku organik menjadi bentuk biji plastik yang dapat terurai secara alami dalam lingkungan.

Dalam kondisi tertentu, biji plastik biodegradable bisa terurai dengan lebih cepat dibandingkan dengan plastik konvensional. Ini berarti penggunaan biji plastik biodegradable dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang terbuang ke lingkungan alam dan mengurangi dampak negatifnya.

Secara keseluruhan, proses pembuatan biji plastik biodegradable melibatkan pemilihan bahan baku organik, proses pencampuran atau pencetakan, dan pengeringan. Tata letak produksi tergantung pada teknologi yang digunakan oleh perusahaan dan jenis plastik yang ingin dihasilkan. Dengan penggunaan biji plastik biodegradable, diharapkan dapat mendukung upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengurangi dampak negatif plastik terhadap bumi kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *