news

2023-10-01

How do I clear Google Search predictions?

Bagi pengguna yang sering menggunakan mesin pencari Google, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda mulai mengetik sesuatu di kotak pencarian, Google sering kali memberikan prediksi otomatis tentang apa yang Anda maksudkan. Fitur ini disebut "prediksi pencarian Google" dan dapat membantu pengguna untuk menghemat waktu ketika mencari informasi yang diinginkan. Namun, terkadang prediksi ini mungkin tidak akurat, tidak relevan, atau mencari hal yang tidak sesuai dengan preferensi individu pengguna. Jika Anda ingin membersihkan atau menghapus prediksi pencarian Google, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Artikel ini akan membahas metode yang dapat Anda ikuti.

Sebelum kita mulai, penting untuk diketahui bahwa menghapus prediksi pencarian Google pada perangkat Anda tidak akan mempengaruhi atau menghapus riwayat pencarian Anda. Riwayat pencarian masih akan ada dan dapat diakses melalui pengaturan akun Google Anda. Namun, dengan menghapus prediksi pencarian, Google tidak akan lagi menampilkan prediksi otomatis yang tidak diinginkan atau tidak relevan saat Anda mengetikkan sesuatu.

Pertama, jika Anda ingin menghapus semua prediksi pencarian Google dari perangkat Anda, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan riwayat pencarian Anda. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka halaman google.com di peramban web Anda. 2. Klik pada ikon gambar profil Anda di pojok kanan atas layar. 3. Pilih opsi "Pengaturan" dari menu yang ditampilkan. 4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Data dan Personalisasi" dan klik di sana. 5. Di bagian "Aktivitas Anda di Telusuri," klik pada opsi "Lihat aktivitas saya." 6. Anda akan diarahkan ke halaman "Aktivitas" di mana riwayat pencarian Anda akan ditampilkan. 7. Klik pada opsi tiga titik di samping kolom pencarian dan pilih "Hapus aktivitas sesuai dengan" dari menu drop-down. 8. Pilih "Semua waktu" untuk menghapus seluruh riwayat pencarian Anda. 9. Klik "Hapus" untuk mengonfirmasi.

Setelah Anda selesai menghapus seluruh riwayat pencarian Anda, prediksi pencarian Google akan dihapus dari perangkat Anda. Namun, jika Anda ingin menghapus prediksi pencarian yang baru-baru ini saja, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Jika Anda ingin menghapus prediksi pencarian di perangkat seluler Anda, buka aplikasi Google atau browser web di perangkat Anda. 2. Mulai memasukkan kata kunci yang relevan di kotak pencarian. 3. Ketika prediksi pencarian muncul, pilih prediksi yang ingin Anda hapus. 4. Pada keyboard perangkat Anda, ketuk dan tahan prediksi pencarian yang ingin dihapus. 5. Pastikan Anda melihat pesan yang menyatakan "Hapus" atau "Hapus dari sejarah." Ketuk opsi ini untuk menghapus prediksi pencarian.

Untuk pengguna yang lebih sering menggunakan Google di desktop, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapus prediksi pencarian:

1. Buka browser web Anda dan kunjungi google.com. 2. Mulai mengetikkan kata kunci relevan di kotak pencarian. 3. Saat prediksi pencarian muncul, arahkan kursor Anda pada prediksi yang ingin Anda hapus. 4. Tekan tombol Panah Bawah pada keyboard untuk memilih prediksi yang diinginkan. 5. Tekan tombol Shift + Delete secara bersamaan untuk menghapus prediksi pencarian.

Dalam banyak kasus, mengikuti langkah-langkah di atas dapat membantu Anda membersihkan atau menghapus prediksi pencarian Google yang tidak diinginkan dari perangkat Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa prediksi pencarian Google diperbarui secara reguler berdasarkan aktivitas pencarian terbaru Anda. Jadi, jika Anda terus mencari sesuatu yang akan muncul sebagai prediksi pencarian di masa depan.

Terakhir, perlu dicatat bahwa penghapusan prediksi pencarian Google hanya berlaku di perangkat Anda saat ini. Jika Anda ingin menghapus prediksi pencarian pada perangkat lain yang terhubung dengan akun Google Anda, Anda harus melakukan langkah-langkah yang sama di setiap perangkat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang harus dapat membersihkan, menghapus, atau menonaktifkan prediksi pencarian Google yang tidak diinginkan atau tidak relevan pada perangkat Anda. Namun, selalu penting untuk diketahui bahwa mesin pencari Google secara terus-menerus mengumpulkan data untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik dan relevan kepada pengguna.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *