news

2023-10-01

How do I get rid of YouTube search prediction?

Bagi pengguna YouTube, fitur prediksi pencarian adalah hal yang berguna karena dapat menyederhanakan proses pencarian dan memberikan hasil yang relevan. Namun, terkadang beberapa pengguna mungkin ingin menonaktifkan atau menghilangkan fitur ini karena alasan tertentu. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menghapus prediksi pencarian di YouTube, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk dicatat bahwa fitur prediksi pencarian di YouTube sangat berguna karena dapat membantu Anda menemukan video yang relevan dengan cepat. Dengan memprediksi kata kunci yang akan Anda ketik, YouTube dapat menampilkan hasil yang relevan di bawah kotak pencarian sebelum Anda menekan tombol "Cari". Namun, jika Anda merasa terganggu atau ingin menghindari prediksi tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi YouTube atau Situs Web: Akses YouTube melalui aplikasi seluler atau buka situs web resmi melalui peramban internet Anda. Pastikan Anda masuk ke akun YouTube Anda.

2. Akses Pengaturan Akun: Di bagian sudut kanan atas layar, Anda akan melihat gambar profil Anda. Ketuk atau klik gambar profil tersebut untuk mengakses menu drop-down. Dalam menu ini, pilih "Pengaturan" untuk melanjutkan.

3. Navigasi ke Pengaturan Pencarian: Di menu Pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Pencarian". Ketuk atau klik opsi ini untuk masuk ke pengaturan khusus pencarian di YouTube.

4. Nonaktifkan Prediksi Pencarian: Di bawah pengaturan pencarian, Anda akan menemukan opsi bernama "Prediksi Pencarian". Di sini, Anda akan melihat tombol geser di samping yang dapat Anda geser ke posisi "Nonaktif". Dengan menggeser tombol ini ke posisi nonaktif, Anda akan menonaktifkan fitur prediksi pencarian di YouTube.

5. Simpan Pengaturan: Setelah Anda menonaktifkan fitur prediksi pencarian, pastikan Anda menekan tombol "Simpan" atau "Terapkan" untuk menyimpan perubahan pengaturan Anda. Dengan melakukan ini, YouTube akan mengingat preferensi Anda dan tidak lagi menampilkan prediksi pencarian saat Anda mencari sesuatu.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menghilangkan fitur prediksi pencarian di YouTube. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini berguna dan memudahkan dalam menemukan video yang relevan. Jika Anda merasa fitur ini berguna di lain waktu, Anda dapat kembali ke pengaturan pencarian dan mengaktifkan kembali fitur prediksi pencarian tersebut.

Selain menonaktifkan fitur prediksi pencarian di pengaturan, Anda juga dapat menghapus riwayat pencarian Anda secara manual untuk menghindari prediksi yang tidak diinginkan. Caranya adalah:

1. Buka Pengaturan Akun: Ikuti langkah-langkah 1-3 yang disebutkan di atas untuk mengakses pengaturan pencarian.

2. Navigasi ke Riwayat Pencarian: Di bagian atas pengaturan pencarian, Anda akan melihat opsi "Riwayat Pencarian". Ketuk atau klik opsi ini untuk mengakses riwayat pencarian Anda.

3. Hapus Riwayat Pencarian: Di halaman riwayat pencarian, Anda akan melihat daftar semua kata kunci yang pernah Anda cari sebelumnya di YouTube. Untuk menghapus riwayat pencarian Anda, pilih opsi "Hapus Seluruh Riwayat Pencarian" atau Anda juga dapat menghapus secara individual dengan mengklik ikon "X" di samping kata kunci tertentu.

4. Konfirmasi Penghapusan: Ketika Anda menghapus riwayat pencarian Anda, akan muncul konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda ingin menghapus riwayat pencarian Anda. Jika Anda yakin ingin melakukannya, pilih "Hapus" dan riwayat pencarian Anda akan dihapus.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, riwayat pencarian Anda akan terhapus dan fitur prediksi pencarian akan digunakan berdasarkan kata kunci baru yang Anda ketik.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun Anda menonaktifkan fitur prediksi pencarian atau menghapus riwayat pencarian, YouTube masih akan menyarankan video yang relevan berdasarkan kegiatan Anda secara keseluruhan di platform. Ini termasuk video yang Anda lihat, kanal yang Anda berlangganan, dan preferensi lainnya yang diambil YouTube dari aktivitas sebelumnya Anda.

Dalam beberapa kasus, penghapusan prediksi pencarian atau riwayat pencarian mungkin diperlukan untuk alasan privasi atau hanya untuk mengurangi gangguan. Namun, jika Anda ingin menjaga rekomendasi video yang relevan di YouTube, lebih baik mempertimbangkan menonaktifkan atau menghapus riwayat pencarian sesekali dan memberi kesempatan kepada YouTube untuk belajar dari kegiatan baru Anda.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *