news

2023-10-01

How do you know if a bag is biodegradable?

Bagaimana Anda Mengetahui Jika Sebuah Tas Bisa Terurai Secara Alami?

Penggunaan plastik sekali pakai telah menjadi masalah global yang penting, mengingat dampaknya terhadap lingkungan. Setiap tahun, jutaan ton plastik akhirnya berakhir di lautan, hutan, dan tempat pembuangan sampah. Oleh karena itu, banyak perusahaan dan konsumen mencari alternatif yang ramah lingkungan, seperti tas yang dapat terurai secara alami atau biodegradable. Namun, seringkali sulit untuk menentukan apakah sebuah tas benar-benar terbuat dari bahan terurai alami. Artikel ini akan membahas cara-cara untuk mengetahui apakah sebuah tas benar-benar biodegradable.

Melihat Label dan Sertifikasi

Saat membeli tas, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah melihat label atau sertifikasi yang mengklaim bahwa tas tersebut biodegradable atau terbuat dari bahan terurai alami. Beberapa label yang umum digunakan di industri termasuk "Compostable" dan "Biodegradable". Namun, penting untuk mengingat bahwa tidak semua klaim ini diatur dengan ketat, dan banyak merek yang menggunakan istilah ini tanpa ada sertifikasi yang valid.

Salah satu sertifikasi yang dapat Anda lihat adalah "OK Compost", yang dikeluarkan oleh organisasi non-profit TÜV Austria. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk tersebut dapat terurai secara alami dalam kondisi kompos industri. Sertifikasi ini memberikan kepastian bahwa yang terurai adalah bahan organik dengan nilai nutrisi yang tinggi dan tidak meninggalkan residu berbahaya.

Mengetahui Bahan Baku Tas

Cara lain untuk menentukan kebeneran tas biodegradable adalah mengetahui bahan baku yang digunakan untuk membuat tas tersebut. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk tas biodegradable antara lain adalah pati jagung, pati kentang, kertas, daun kelapa, dan serat tumbuhan lainnya. Jika tas terbuat dari bahan-bahan ini, ada peluang besar bahwa tas tersebut benar-benar dapat terurai secara alami.

Namun, juga perlu diperhatikan bahwa tidak semua tas yang terbuat dari bahan-bahan ini secara otomatis bisa terurai secara alami. Beberapa bahan mungkin dicampur dengan bahan lain yang tidak terurai atau mengandung bahan kimia tambahan. Jadi, selalu perlu melihat label atau sertifikasi untuk melengkapi informasi ini.

Mencoba Uji Dekomposisi Sendiri

Anda juga dapat mencoba melakukan eksperimen sederhana di rumah untuk memeriksa apakah sebuah tas benar-benar biodegradable. Tata cara ini akan memakan waktu relatif lama dan pengetahuan tertentu, tetapi dapat membantu Anda memastikan kredibilitas klaim biodegradable yang dibuat oleh produsen.

Pertama, belilah tas yang dijual sebagai biodegradable. Lalu, letakkan tas tersebut di dalam kondisi yang mirip dengan kondisi di tempat pembuangan sampah. Ini bisa berarti meletakkannya di dalam pot tanah, atau bahkan kumpulkan tas bersama-sama dengan kompos organik yang Anda kelola sendiri. Pantau tas selama beberapa minggu atau bulan untuk melihat apakah terjadi degradasi yang signifikan.

Namun, penting untuk menyadari bahwa dalam kehidupan nyata, tas yang terbuat dari bahan biodegradable hanya akan terurai secara efektif jika ditempatkan di dalam kondisi kompos yang sesuai, yang meliputi kelembaban, suhu, aerasi, dan mikroorganisme yang tepat.

Berkonsultasilah dengan Ahli

Jika masih ada keraguan tentang keberlanjutan sebuah tas, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli atau organisasi yang berpengalaman dalam hal keberlanjutan dan bahan terdegradasi. Ahli ini dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan dapat diandalkan mengenai bahan dan merek tertentu. Misalnya, Anda dapat menghubungi organisasi lingkungan atau peneliti di bidang ini.

Dalam kesimpulannya, mengetahui apakah sebuah tas benar-benar biodegradable bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, dengan melihat label, mengetahui bahan baku, melakukan eksperimen sendiri, dan berkonsultasi dengan ahli, Anda dapat meningkatkan kesempatan menemukan produk yang benar-benar ramah lingkungan. Penting untuk terus meningkatkan kesadaran akan dampak plastik sekali pakai dan mendorong perubahan dalam penggunaan kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *