news

2023-10-01

How do you know if a bag is compostable?

Bagaimana Anda Mengetahui Jika Sebuah Kantong Dapat Diuraikan?

Di era saat ini yang semakin sadar akan lingkungan, semakin banyak orang yang mempertimbangkan penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salah satu bahan yang semakin populer adalah kantong yang dapat diurai atau disebut juga sebagai kantong kompos. Namun, sebelum membeli kantong seperti itu, penting untuk mengetahui cara memastikan keaslian dan keberlanjutannya. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara Anda mengetahui jika sebuah kantong adalah kantong yang dapat diuraikan atau tidak.

Pertama-tama, perlu diketahui perbedaan antara kantong plastik biasa dan kantong yang dapat diuraikan. Kantong plastik biasa terbuat dari bahan-bahan seperti plastik polietilena atau polipropilena, yang dikenal sulit terurai di alam. Mereka membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai sepenuhnya dan seringkali berkontribusi terhadap masalah sampah plastik yang semakin meluas di seluruh dunia. Di sisi lain, kantong yang dapat diurai biasanya terbuat dari bahan seperti pati jagung, kentang, atau gandum. Mereka dapat diurai secara alami dalam periode tertentu, sehingga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk mengetahui apakah sebuah kantong dapat diurai, perhatikan label atau tanda pada kemasan. Pabrikan yang jujur biasanya akan menjamin keberlanjutan dan kemampuan penguraian produk mereka dengan memberikan label khusus pada kemasan. Anda dapat mencari tanda seperti "kompos", "ramah lingkungan", "terurai di alam", atau gambar daun hijau yang menandakan bahwa kantong tersebut adalah kantong yang dapat diuraikan.

Selain itu, perlu juga untuk memeriksa apakah kantong tersebut telah bersertifikat secara resmi oleh lembaga yang berwenang. Ada beberapa standar dan sertifikasi yang diakui secara internasional, seperti sertifikasi "OK Compost" oleh TÜV Austria atau "Seedling" oleh European Bioplastics. Ketika sebuah kantong telah mendapatkan sertifikasi ini, itu berarti produk tersebut telah melalui pengujian dan memenuhi standar tertentu untuk dapat diuraikan secara efektif.

Selanjutnya, lakukan penelitian lebih lanjut tentang merek atau produsen kantong tersebut. Carilah informasi seperti berapa lama kantong tersebut diperkirakan untuk terurai sepenuhnya. Biasanya, kantong yang dapat diuraikan akan menguraikan dalam periode waktu yang lebih singkat dibandingkan kantong plastik biasa. Namun, pastikan untuk berhati-hati terhadap greenwashing - praktik yang dilakukan oleh perusahaan yang mengaku produknya ramah lingkungan, tetapi pada kenyataannya tidak begitu.

Jika masih diragukan, Anda juga dapat mencari saran dari ahli atau organik komunitas terkait. Mereka akan dapat memberikan panduan lebih lanjut tentang kantong yang dapat diurai dan merekomendasikan merek atau produsen yang dapat dipercaya.

Selain mengetahui apakah sebuah kantong dapat diuraikan atau tidak, penting juga untuk menggunakan kantong tersebut dengan benar. Kantong yang dapat diuraikan sebaiknya digunakan hanya untuk keperluan kompos, bukan digunakan sebagai kantong sampah biasa. Pasar didorong oleh permintaan yang semakin besar akan produk ramah lingkungan, dan dengan menggunakan kantong yang dapat diuraikan dengan benar, Anda dapat membantu menumbuhkan pasar untuk produk-produk ini.

Secara keseluruhan, untuk mengetahui apakah sebuah kantong adalah kantong yang dapat diuraikan, perhatikan label atau tanda pada kemasan, periksa sertifikasi resmi, lakukan penelitian tentang merek atau produsen, dan konsultasikan dengan ahli atau komunitas terkait. Dalam upaya kita untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, perhatian terhadap detail-detail ini akan membantu kita membuat keputusan yang lebih bijak saat memilih produk yang ramah lingkungan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *