news

2023-10-01

How do you know if a plastic bag is biodegradable?

Bagaimana Mengetahui Jika Kantong Plastik Dapat Terurai Secara Biodegradasi?

Ketika kita berbicara tentang kemasan plastik, terutama kantong plastik, penting bagi kita untuk mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan dan upaya untuk menggunakan plastik yang dapat terurai secara alami. Kantong plastik yang tidak terurai secara biologis dapat menyebabkan polusi lingkungan yang serius dan berkontribusi terhadap masalah sampah plastik global.

Namun, bagaimana kita tahu jika sebuah kantong plastik dapat terurai secara biodegradasi? Di artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara penting untuk mengetahui apakah sebuah kantong plastik dapat terurai secara alami atau tidak.

1. Bahan Baku:

Salah satu cara penting untuk mengetahui apakah kantong plastik dapat terurai secara biodegradasi adalah dengan memeriksa bahan baku yang digunakan dalam pembuatannya. Kantong plastik yang terbuat dari bahan plastik biodegradasi seperti polihidroksialkanoat (PHA), asam polilaktat (PLA), atau amilum merupakan indikasi bahwa kantong tersebut dapat terurai secara alami. Bahan-bahan ini terbuat dari sumber alami seperti tanaman dan mikroorganisme, dan mereka tidak meninggalkan residu berbahaya di lingkungan pada saat terurai.

2. Tanda-Tanda dan Label:

Banyak produsen plastik yang menyadari pentingnya kantong plastik yang dapat terurai secara biodegradasi, sehingga mereka memberikan tanda atau label khusus pada produk mereka. Tanda ini dapat berbentuk logo alam seperti daun hijau atau keterangan "Biodegradable" atau "Compostable" yang tercetak pada kantong plastik. Penting bagi kita untuk membaca label secara teliti saat membeli kantong plastik, dan jika terdapat tanda-tanda ini, kemungkinan besar kantong tersebut dapat terurai secara biologis.

3. Uji Biodegradasi:

Uji biodegradasi adalah cara lain untuk mengetahui apakah kantong plastik dapat terurai secara biodegradasi. Ada beberapa metode uji yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen seperti American Society for Testing and Materials (ASTM) atau International Organization for Standardization (ISO). Metode ini melibatkan pengecekan kemampuan kantong plastik untuk terurai menjadi senyawa organik oleh mikroorganisme dalam kondisi tertentu seperti suhu dan kelembaban yang tepat. Jika kantong plastik melewati uji biodegradasi ini dan memenuhi standar yang ditetapkan, maka itu menandakan bahwa kantong tersebut adalah biodegradabel.

4. Waktu Terurai:

Ketika mempertimbangkan apakah sebuah kantong plastik dapat terurai secara biodegradasi, penting juga untuk memperhatikan waktu yang dibutuhkan agar kantong tersebut benar-benar hancur dan terurai alami. Beberapa kantong plastik biodegradabel dapat terurai dalam waktu yang relatif singkat, seperti beberapa bulan, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Meskipun waktu terurai bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti suhu dan kelembaban lingkungan, kantong plastik yang benar-benar biodegradabel harus terurai dalam jangka waktu yang wajar.

Dalam upaya untuk mengurangi polusi plastik dan menjaga kelestarian lingkungan, penting bagi kita semua untuk memahami bagaimana mengetahui apakah sebuah kantong plastik dapat terurai secara biodegradasi. Dengan memperhatikan bahan baku, memeriksa label dan tanda-tanda, serta mempertimbangkan waktu terurai, kita dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam memilih dan menggunakan kantong plastik. Selain itu, kita juga harus melibatkan diri dalam upaya daur ulang dan menggunakan alternatif seperti kantong kain yang dapat digunakan berulang kali.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *