news

2023-10-02

How do you make biodegradable plastic from corn starch?

Plastik merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dampak negatif dari penggunaan plastik konvensional terhadap lingkungan semakin membuat orang-orang mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan. Salah satu solusi yang telah ditemukan adalah penggunaan plastik biodegradable yang dibuat dari pati jagung.

Pati jagung adalah produk alami yang berasal dari jagung. Teknologi telah memungkinkan pati jagung ini untuk diubah menjadi plastik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme alami dalam lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai proses pembuatan plastik biodegradable dari pati jagung.

Langkah pertama dalam pembuatan plastik biodegradable adalah ekstraksi pati jagung dari biji jagung. Proses ini melibatkan penggilingan biji jagung menjadi serbuk kasar dan kemudian penambahan air untuk membentuk campuran yang lebih mudah diolah. Campuran ini kemudian diaduk dalam mesin pengaduk untuk memisahkan pati jagung dari serat dan kotoran lainnya. Air kemudian dipisahkan, dan pati jagung yang tercampur dengan air disaring menggunakan kain saring untuk menghilangkan partikel tidak diinginkan.

Setelah pati jagung diekstraksi, tahap berikutnya adalah hidrolisis enzimatis. Proses ini melibatkan penambahan enzim ke dalam larutan pati jagung. Enzim ini akan memecah pati jagung menjadi gula sederhana yang disebut dekstrin. Reaksi ini membutuhkan suhu dan pH yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal.

Setelah hidrolisis enzimatis, dekstrin yang dihasilkan akan mengalami proses polimerisasi. Proses ini melibatkan pemanasan dekstrin dalam suhu tertentu dan penambahan asam polylactic (PLA) atau poliglikolat (PGA) sebagai bahan pengisi. Pengisian polimer ini membantu dalam meningkatkan kekuatan plastik dan membuatnya lebih tahan terhadap panas dan keausan. Reaksi polimerisasi ini juga melibatkan penambahan katalis untuk mempercepat reaksi antara dekstrin dan polimer. Hasilnya adalah polimer yang lengkap yang akan membentuk struktur plastik.

Langkah terakhir dalam pembuatan plastik biodegradable dari pati jagung adalah proses pembentukan produk jadi. Polimer yang telah dibuat akan dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan menggunakan teknik cetakan atau ekstrusi. Proses ini melibatkan penentuan suhu dan tekanan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Plastik yang dihasilkan dapat dibentuk menjadi berbagai macam produk seperti kemasan makanan, bungkus, dan wadah yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Keuntungan utama dari plastik biodegradable yang terbuat dari pati jagung adalah bahwa mereka dapat diuraikan oleh mikroorganisme alami dalam lingkungan. Ini berarti bahwa mereka tidak akan meninggalkan residu plastik yang berbahaya di lingkungan saat terurai. Hal ini sangat penting mengingat jumlah plastik yang terbuang setiap tahun yang menghancurkan lingkungan kita.

Selain itu, plastik biodegradable juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang dibutuhkan untuk memproduksi plastik konvensional. Pembuatan plastik biodegradable dari pati jagung membutuhkan energi yang lebih sedikit dan tidak secara langsung berkontribusi terhadap penambahan emisi gas rumah kaca.

Namun, perlu diingat bahwa plastik biodegradable bukanlah solusi sempurna untuk masalah sampah plastik. Proses dekomposisi dapat memakan waktu cukup lama, tergantung pada kondisi lingkungan tempat plastik terurai. Oleh karena itu, upaya untuk mengurangi penggunaan plastik secara keseluruhan tetap menjadi prioritas utama.

Dalam kesimpulan, pembuatan plastik biodegradable dari pati jagung melibatkan beberapa langkah, termasuk ekstraksi pati jagung, hidrolisis enzimatis, polimerisasi, dan pembentukan produk jadi. Plastik biodegradable ini memiliki keuntungan besar dalam mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan. Namun, penting untuk diingat bahwa pengurangan penggunaan plastik secara keseluruhan tetap menjadi langkah yang paling efektif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *