news

2023-10-03

Is NIH run by the government?

Apakah NIH dijalankan oleh pemerintah?

National Institutes of Health (NIH) merupakan organisasi pemerintah di Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas penelitian medis dan kesehatan. NIH adalah bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia (Department of Health and Human Services/ DHHS) dan saat ini dipimpin oleh Direktur Nasional untuk Penelitian Medis (National Institutes of Health Director/ NIH Director) yang dilantik oleh Presiden Amerika Serikat.

NIH merupakan salah satu lembaga penelitian medis terkemuka di dunia dengan anggaran yang besar. Anggaran tahunan NIH bervariasi, tetapi pada tahun 2021 anggarannya mencapai sekitar 42 miliar dolar. Dana ini digunakan untuk mendukung lebih dari 300.000 penelitian yang berhubungan dengan kesehatan manusia, mulai dari penelitian dasar hingga pengembangan teknologi dan pengobatan baru.

Kembali ke pertanyaan utama, apakah NIH dijalankan oleh pemerintah? Jawabannya adalah ya, NIH dijalankan oleh pemerintah AS. Ini dibuktikan oleh kenyataan bahwa lembaga ini merupakan bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia AS. Meskipun NIH diperoleh dana dari Kongres Amerika Serikat melalui proses anggaran tahunan, lembaga ini memiliki otonomi dalam mengatur program penelitian yang dilakukannya.

Oleh karena itu, NIH memiliki kendali dan kewenangan yang signifikan dalam menentukan pengeluaran dan prioritas penelitian. Walaupun NIH menerima arahan dari Pengarah NIH yang dilantik oleh Presiden AS, lembaga ini berwewenang untuk mengeluarkan dan mengalokasikan dana penelitian sesuai dengan keputusan dan saran dari para ahli yang berpengalaman di bidang medis dan kesehatan.

Sementara itu, penelitian yang didanai oleh NIH sendiri dilakukan oleh akademisi, peneliti swasta, institusi pendidikan dan rumah sakit, serta mitra kerja lainnya yang ada di dalam dan di luar Amerika Serikat. Keberagaman institusi dan pihak yang bersangkutan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa NIH aktif dalam menggandeng dan berkolaborasi dengan berbagai kelompok di masyarakat, termasuk sektor publik dan swasta.

Lebih dari itu, NIH juga mempekerjakan ribuan ilmuwan, peneliti, dan tenaga profesional lain yang membantu dalam konduksi penelitian yang beragam. Mereka bekerja di berbagai lembaga dan departemen yang terkait dengan NIH, seperti National Cancer Institute (NCI), National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), dan banyak lagi.

NIH juga memiliki peran yang penting dalam mengoordinasikan dan memfasilitasi kerja sama internasional. Mereka terlibat dalam Pertemuan Kesehatan Dunia (World Health Assembly) dan telah menjalin kemitraan dengan organisasi dan pemerintah lain di seluruh dunia untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit-penyakit global serta mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengobatan.

Seperti banyak lembaga pemerintah lainnya, NIH juga memiliki komitmen untuk transparansi dan akuntabilitas. Mereka mengomunikasikan informasi penelitian dan hasil penelitian mereka melalui publikasi, konferensi, dan berbagai platform komunikasi yang ada, agar masyarakat dapat memiliki akses terhadap informasi terkini dan berguna di bidang kesehatan.

Tentu saja, seperti halnya organisasi apa pun yang dijalankan oleh pemerintah, NIH juga berada di bawah pengawasan Congress, pihak berwenang yang memantau kinerja dan penggunaan dana NIH. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa dana yang dialokasikan telah digunakan dengan tepat dan efisien untuk tujuan penelitian medis dan kesehatan yang dinyatakan.

Jadi, kesimpulannya adalah NIH dijalankan oleh pemerintah AS melalui Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia. NIH memiliki otonomi dalam mengatur program penelitian dan alokasi dana, tetapi tetap bertanggung jawab kepada Kongres AS. Organisasi ini juga aktif dalam mengoordinasikan penelitian dan memfasilitasi kerja sama internasional yang berkaitan dengan kesehatan manusia.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *