news

2023-10-03

Is biodegradable plastic the same as compostable?

Apakah plastik yang dapat terurai sama dengan plastik kompos? Apakah mereka memiliki sifat yang sama? Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul ketika kita membicarakan tentang upaya untuk mengurangi dampak negatif yang dihasilkan oleh penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari kita. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara plastik yang dapat terurai dengan plastik kompos serta manfaat dan tantangan yang terkait dengan keduanya.

Pertama-tama, mari kita perjelas definisi masing-masing jenis plastik. Plastik yang dapat terurai adalah plastik yang bisa terurai secara alami oleh bakteri dan organisme mikroskopis ketika ditempatkan di lingkungan yang sesuai. Proses ini melibatkan pemecahan molekul-molekul plastik menjadi bahan yang lebih sederhana, seperti karbon dioksida, air, dan biomassa. Plastik yang dapat terurai umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, seperti pati jagung atau serat kayu, yang kemudian diubah menjadi polimer yang mirip dengan plastik konvensional. Di sisi lain, plastik kompos adalah jenis plastik yang dirancang untuk terurai menjadi kompos di fasilitas pengomposan yang sesuai. Proses pengomposan melibatkan kondisi yang tepat, seperti suhu dan kelembaban, agar bahan organik dapat diuraikan oleh organisme pengurai, seperti bakteri dan cacing tanah. Plastik kompos umumnya terbuat dari campuran bahan alami dan plastik yang dapat terurai.

Meskipun kedua jenis plastik ini memiliki kemampuan untuk terurai di alam, mereka memiliki perbedaan utama dalam proses terurai serta aplikasi dan manfaatnya. Plastik yang dapat terurai dapat terurai secara alami di lingkungan dalam waktu yang relatif singkat. Ketika terpapar oleh panas, kelembaban, dan mikroorganisme selama beberapa bulan hingga beberapa tahun, plastik ini akan terurai secara alami menjadi bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan. Plastik ini sering digunakan dalam aplikasi seperti bungkus makanan, kantong belanja, dan peralatan sekali pakai.

Sementara itu, plastik kompos membutuhkan kondisi pengomposan yang lebih terkendali agar dapat terurai dengan efektif. Plastik kompos hanya dapat terurai di fasilitas pengomposan industri yang memiliki suhu dan kelembaban yang tepat, serta metode pengolahan yang efisien. Proses pengomposan ini bertujuan untuk menghasilkan kompos yang berguna sebagai pupuk organik. Plastik kompos umumnya digunakan dalam aplikasi seperti bungkus makanan yang dapat mudah diuraikan di fasilitas pengomposan.

Namun, ada beberapa tantangan terkait dengan penggunaan plastik yang dapat terurai dan plastik kompos. Salah satunya adalah kurangnya infrastruktur pengomposan yang memadai di banyak tempat. Tanpa fasilitas pengomposan yang memadai, plastik kompos tidak dapat terurai secara efektif dan mungkin akhirnya terbuang ke tempat pembuangan sampah yang mengarah pada polusi lingkungan. Sama halnya dengan plastik yang dapat terurai, tanpa kondisi yang tepat, plastik ini mungkin tidak akan terurai dengan efisien dan akan tetap mengendap di lautan dan tanah.

Selain itu, perbedaan dalam biodegradabilitas plastik ini juga dapat menyulitkan pemisahan dan daur ulang limbah plastik setelah digunakan. Sering kali, plastik yang dapat terurai dan plastik kompos dicampur dengan limbah plastik lainnya, menyebabkan kesulitan dalam mengolahnya secara terpisah. Ini dapat menghambat upaya daur ulang dan mengurangi efektivitas penggunaan plastik yang dapat terurai dan plastik kompos dalam mengurangi limbah plastik.

Dalam kesimpulannya, plastik yang dapat terurai dan plastik kompos memiliki perbedaan dalam kemampuan terurai dan aplikasinya. Plastik yang dapat terurai dapat terurai secara alami di lingkungan dalam waktu yang relatif singkat, sedangkan plastik kompos membutuhkan kondisi pengomposan yang terkendal. Walaupun memiliki manfaat dalam mengurangi limbah plastik, tantangan seperti kurangnya infrastruktur pengomposan dan kesulitan dalam pemisahan limbah plastik tetap harus diatasi agar plastik ini dapat menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan dalam upaya kita untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan plastik.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *