news

2023-10-03

Is compostable plastic actually plastic?

Apakah plastik yang bisa terurai sebenarnya adalah plastik?

Plastik saat ini menjadi satu di antara bahan paling umum yang ada di sekitar kita. Terbuat dari bahan yang sangat tahan terhadap degradasi alami, plastik telah menjadi sumber masalah lingkungan global yang meningkat. Upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini dengan memperkenalkan plastik yang bisa terurai atau disebut juga "compostable plastic". Namun, apakah plastik yang bisa terurai ini sebenarnya masih dianggap plastik?

Untuk memahami apakah materi terurai tersebut masih bisa disebut sebagai plastik, kita perlu memahami apa yang membedakan bahan ini dengan plastik konvensional. Plastik konvensional, atau yang sering disebut sebagai plastik petrokimia, terbuat dari bahan baku minyak bumi. Proses pembuatannya melibatkan polimerisasi molekul-molekul hidrokarbon dalam minyak bumi untuk membentuk rantai panjang polimer atau polymer chains. Melalui proses ini, plastik petrokimia diperoleh dengan sifat tahan terhadap pelapukan dan degradasi alami.

Namun, compostable plastic memiliki komposisi bahan yang berbeda sepenuhnya. Bahan ini terbuat dari sumber daya alami seperti karbohidrat, protein, atau lemak. Dalam beberapa kasus, bahan tersebut bahkan dapat berasal dari limbah organik, seperti ampas makanan atau tanaman. Komponen ini kemudian diproses melalui reaksi kimia atau proses biologi untuk membentuk bahan polimer. Polimer ini kemudian bisa terurai secara alami oleh organisme seperti bakteri atau jamur dalam kondisi lingkungan tertentu.

Jadi, dapat dikatakan bahwa compostable plastic masih bisa disebut sebagai plastik, karena masih memiliki struktur polimer. Namun, perbedaannya dengan plastik konvensional adalah pada komposisinya dan kemampuan untuk terurai secara alami.

Keberlanjutan dan keuntungan menggunakan plastik yang terurai ini telah menjadi topik perbincangan di banyak sektor, termasuk industri makanan dan minuman, peralatan rumah tangga, dan kemasan. Mereka melihat compostable plastic sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mengurangi akumulasi sampah plastik di lingkungan.

Salah satu keunggulan utama dari compostable plastic adalah kemampuannya untuk terurai secara alami dan kembali menjadi bahan organik tanah atau kompos. Ini berarti bahwa limbah atau produk yang terbuat dari compostable plastic dapat dimasukkan ke dalam proses komposting dan akan terurai dengan baik tanpa menyebabkan polusi lingkungan. Selain itu, compostable plastic juga mengurangi kebutuhan penggunaan sumber daya fosil yang terbatas, seperti minyak bumi.

Namun, perlu diingat bahwa plastik yang bisa terurai ini masih memerlukan kondisi lingkungan yang tepat untuk terurai dengan baik. Kompost yang efektif membutuhkan suhu, kelembaban, dan sirkulasi udara yang tepat untuk menghancurkan bahan organik menjadi humus yang berguna. Jika kondisi ini tidak terpenuhi, compostable plastic tidak akan terurai dengan baik atau membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengalami degradasi. Oleh karena itu, penting bagi pengguna dan produsen untuk memahami persyaratan komposisi dan pembuangan yang diperlukan agar compostable plastic dapat terurai dengan baik.

Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah pemilahan dan daur ulang. Banyak konsumen yang masih keliru dalam membedakan antara plastik bisa terurai dengan plastik konvensional. Ketidaktahuan ini seringkali mengarah pada kontaminasi dan kesalahan pemilahan sampah. Plastik bisa terurai yang masuk ke dalam proses perkecambahan tanah biasanya tidak menyebabkan masalah signifikan, tetapi plastik konvensional yang terurai di dalam proses komposting dapat menciptakan masalah. Hal ini dapat menyebabkan kontaminasi pada hasil kompos dan merusak kualitasnya.

Dalam kesimpulan, plastik yang bisa terurai masih dapat disebut sebagai plastik, meskipun dengan komposisi dan sifat-sifat yang berbeda. Kompostable plastic menawarkan solusi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan, dengan kemampuan untuk terurai secara alami dan kembali menjadi bahan organik. Namun, penting untuk memahami persyaratan dan kondisi yang diperlukan untuk penguraian yang efektif, serta mengedukasi masyarakat tentang pemilahan dan pembuangan yang tepat. Dengan pemahaman dan penggunaan yang benar, compostable plastic dapat menjadi alternatif yang bernilai dalam upaya pencegahan polusi plastik dan menjaga keberlanjutan lingkungan kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *