news

2023-10-03

Is compostable plastic really compostable?

Apakah Plastik yang Dapat Terurai Benar-benar Dapat Terurai?

Pada tahun-tahun terakhir, kesadaran akan masalah sampah plastik telah meningkat dengan cepat. Plastik adalah salah satu limbah yang paling tidak dapat terurai di dunia, dan sebagian besar jenis plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk benar-benar terurai di alam. Lowongan sampah plastik di lautan, di tempat pembuangan sampah, dan di darat membuat dampak negatif terhadap lingkungan semakin tak terelakkan. Oleh karena itu, banyak perusahaan dan pemerintah mencari alternatif plastik yang ramah lingkungan, dan salah satunya adalah plastik yang dapat terurai.

Plastik yang dapat terurai, juga dikenal sebagai "komposisi plastik", adalah plastik yang diklaim dapat terurai dalam waktu tertentu dengan bantuan faktor-faktor seperti panas, kelembaban, dan mikroorganisme alami. Pada umumnya, plastik ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti pati jagung atau sisa kayu, yang memungkinkan mereka terurai dengan lebih efisien dibandingkan dengan plastik polietilen biasa. Namun, apakah plastik yang dapat terurai benar-benar dapat terurai sepenuhnya? Apakah mereka benar-benar alternatif yang ramah lingkungan?

Sebagai awal pembicaraan ini, penting untuk memahami bahwa tidak semua plastik yang diklaim dapat terurai adalah sama. Ada plastik yang dapat terurai secara industri dan ada plastik yang dapat terurai di rumah tangga. Kedua jenis plastik ini dibuat dengan tujuan menjaga agar limbah plastik tidak menghasilkan sampah yang berkepanjangan. Namun, ketersediaan fasilitas pengomposan industri masih terbatas, sehingga plastik yang dapat terurai di rumah tangga lebih umum digunakan oleh konsumen biasa.

Plastik yang dapat terurai secara industri menggunakan teknologi khusus yang mencakup kondisi panas, kelembaban, dan waktu tertentu untuk mempercepat proses penguraiannya. Plastik ini harus diolah melalui tempat pengomposan khusus dan tidak dapat terurai dengan baik di lingkungan alami yang biasa. Itu sebabnya, pada banyak kasus, plastik yang diklaim dapat terurai tidak terurai sepenuhnya ketika dibuang di tempat pembuangan sampah biasa. Hal ini berarti bahwa jika plastik ini dibuang di lingkungan, mereka masih akan membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar terurai, bahkan jika mereka akhirnya dapat terurai.

Plastik yang dapat terurai di rumah tangga, di sisi lain, diharapkan dapat terurus saat dibuang ke dalam komposter rumah. Mereka sering kali dipasarkan sebagai solusi yang lebih ramah lingkungan karena mereka tidak memerlukan proses industri khusus untuk terurai. Namun, ada beberapa masalah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan plastik ini.

Pertama, plastik yang terurai di rumah harus memenuhi kondisi yang ideal untuk terurai dengan baik. Ini termasuk suhu dan kelembaban yang tepat, serta waktu yang cukup lama. Jika kondisi ini tidak terpenuhi, plastik kemungkinan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai atau mungkin tidak terurai sama sekali. Selain itu, jika plastik ini dibuang ke dalam tempat pembuangan sampah biasa atau lingkungan alami, mereka masih butuh waktu lama untuk benar-benar terurai.

Kedua, plastik yang dapat terurai di rumah sering kali tidak dapat didaur ulang. Ini berarti bahwa setelah plastik tersebut terurai, mereka masih berakhir di lahan pembuangan sampah. Jadi, meskipun mereka lebih ramah lingkungan daripada plastik polietilen biasa, mereka tidak memberikan solusi jangka panjang yang berkelanjutan untuk masalah sampah plastik.

Jadi, apakah plastik yang dapat terurai benar-benar dapat terurai? Jawabannya, tergantung pada keberadaan fasilitas pengomposan industri dan kondisi yang tepat. Proses penguraian plastik yang benar-benar membuangnya tanpa meninggalkan jejak berarti mengharuskan adanya kerjasama antara pemerintah, perusahaan, dan konsumen. Konsumen harus memastikan bahwa plastik yang dapat terurai di rumah benar-benar terurai di lingkungan yang sesuai, dan pemerintah serta perusahaan harus berinvestasi dalam fasilitas dan teknologi yang memungkinkan plastik terurai secara efisien.

Secara keseluruhan, plastik yang dapat terurai adalah langkah positif demi menyelamatkan planet kita dari masalah sampah plastik yang semakin merajalela. Namun, kita juga harus mempertimbangkan bahwa solusi jangka panjang untuk masalah ini adalah dengan mengurangi penggunaan plastik secara keseluruhan dan mengembangkan bahan pengganti yang sepenuhnya alami.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *