news

2023-10-03

Is compostable same as biodegradable?

Apakah Compostable Sama dengan Biodegradable?

Pernahkah Anda mendengar tentang produk yang diklaim sebagai "compostable" atau "biodegradable"? Mungkin Anda berpikir bahwa kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, tetapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup besar antara keduanya.

Compostable adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahan yang dapat terurai secara alami dan menghasilkan kompos yang berguna. Bahan-bahan compostable ini biasanya terbuat dari bahan organik, seperti sisa makanan, kertas, atau serat alami lainnya. Bahan ini dapat dipecah menjadi bahan organik yang lebih sederhana oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur di bawah kondisi tertentu. Proses ini menghasilkan kompos yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Di sisi lain, biodegradable adalah istilah yang lebih umum yang menggambarkan bahan yang mampu terdegradasi secara alami oleh mikroorganisme. Bahan biodegradable dapat dipecah oleh mikroorganisme menjadi bahan yang lebih sederhana, tetapi tidak selalu menghasilkan kompos yang berguna. Beberapa bahan biodegradable dapat terurai menjadi limbah yang menghasilkan polutan atau tidak dapat diserap oleh lingkungan dengan baik.

Perbedaan utama antara compostable dan biodegradable terletak pada hasil akhir penguraiannya. Compostable menghasilkan kompos yang berguna, sedangkan biodegradable tidak selalu menghasilkan produk yang sama. Dalam lingkup penanganan limbah, ada juga persyaratan tertentu yang harus dipenuhi agar suatu bahan dapat disebut compostable. Bahan compostable harus terurai dalam waktu yang relatif singkat, biasanya dalam jangka waktu 90 hari, dan mencapai tingkat penguraian tertentu dalam kondisi kompos yang dikontrol.

Namun, meski terdengar sebagai pilihan yang lebih baik, tidak semua bahan yang diklaim sebagai compostable atau biodegradable benar-benar baik untuk lingkungan. Ada banyak produk yang mengklaim bahwa mereka dapat terurai dengan cepat, tetapi jika tidak ditempatkan dalam kondisi kompos yang tepat, mereka mungkin tidak mengalami dekomposisi secara alami.

Selain itu, ada juga faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan produk compostable atau biodegradable. Misalnya, proses produksi bahan tersebut bisa lebih ramah lingkungan atau terjadi kerusakan lingkungan selama proses produksi. Selain itu, bagaimana limbah tersebut dikelola juga berpengaruh pada dampak lingkungan secara keseluruhan.

Selain penguraiannya, juga penting untuk mempertimbangkan penggunaan kembali dan daur ulang produk. Meskipun kompos adalah hasil yang sangat berguna dari bahan compostable, banyak bahan seperti kertas, karton, dan plastik bisa didaur ulang dan digunakan kembali untuk mengurangi permintaan terhadap bahan mentah baru. Dalam beberapa kasus, daur ulang mungkin lebih baik daripada pembebasan bahan ke dalam kompos.

Penting untuk mencari sertifikasi yang dapat dipercaya saat memilih produk yang diklaim sebagai compostable atau biodegradable. Ada beberapa label dan standar industri yang menentukan kriteria bahan-bahan ini. Misalnya, Amerika Serikat memiliki label "Biodegradable Products Institute" yang menunjukkan bahwa suatu produk memenuhi standar biodegradasi yang ditetapkan.

Dalam kesimpulan, compostable dan biodegradable adalah istilah yang berbeda yang menggambarkan kemampuan bahan untuk terurai secara alami oleh mikroorganisme. Kompostable menghasilkan kompos yang berguna, sedangkan biodegradable tidak selalu menghasilkan produk yang sama. Namun, pilihan produk ini tidak selalu lebih baik untuk lingkungan, dan faktor lain seperti daur ulang dan proses produksi juga perlu dipertimbangkan. Dalam memilih produk compostable atau biodegradable, penting untuk mencari sertifikasi dan label yang dapat dipercaya.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *