news

2023-10-03

Is oxo-biodegradable the same as biodegradable?

Apakah Oxo-Biodegradable Sama dengan Biodegradable?

Pentingnya perhatian terhadap lingkungan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan semakin banyak perusahaan dan individu yang berusaha mengurangi dampak negatif mereka terhadap bumi. Banyak produk sekarang diklaim sebagai "biodegradable" atau "oxo-biodegradable", tetapi apakah keduanya benar-benar sama? Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

Dalam konteks perlindungan lingkungan, biodegradable mengacu pada kemampuan produk untuk membusuk, terurai, atau diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri atau jamur menjadi bahan organik yang tidak mencemari lingkungan. Produk yang benar-benar biodegradable harus dapat membusuk secara alami dan menghasilkan residu yang tidak beracun atau tidak berbahaya.

Namun, oxo-biodegradable adalah istilah yang mengacu pada proses penguraiannya yang melibatkan penggunaan aditif oksida yang mempercepat degradasi material. Produk oxo-biodegradable mengandung aditif seperti logam berat atau logam transisi yang dirancang untuk mempercepat pemecahan produk secara fisik. Produk ini akan mengalami fragmentasi, yaitu terbelah menjadi fragmen-fragmen kecil yang mikroskopis, tetapi mereka tidak sepenuhnya terurai menjadi bahan organik.

Pada awalnya, penggunaan produk oxo-biodegradable melihatnya sebagai solusi yang lebih baik daripada produk yang tidak terdegradasi sama sekali. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan beberapa isu terkait dengan penggunaan produk ini. Salah satunya adalah efek jangka panjang produk oxo-biodegradable terhadap lingkungan setelah proses degradasi yang cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa produk oxo-biodegradable meninggalkan residu mikroplastik yang sulit diurai saat terdegradasi. Mikroplastik adalah partikel plastik kecil yang kurang dari 5 mm dalam ukuran dan sangat sulit untuk dihilangkan dari lingkungan. Mikroplastik dapat mencemari ekosistem air dan tanah, mempengaruhi kehidupan makhluk air, dan bahkan dapat mencemari makanan dan air minum kita.

Ketidakjelasan juga muncul dalam penggunaan istilah oxo-biodegradable. Beberapa negara, seperti Prancis, Italia, dan Uni Emirat Arab, melarang penggunaan produk oxo-biodegradable karena kekhawatiran terhadap efek jangka panjangnya pada lingkungan. Namun, di negara lain, seperti Inggris dan Amerika Serikat, produk ini masih diijinkan dengan catatan harus mematuhi standar tertentu untuk diklasifikasikan sebagai oxo-biodegradable.

Selain itu, ada perdebatan mengenai oksida apa yang benar-benar digunakan dalam proses oxo-biodegradable. Beberapa aditif oksida mengandung logam berat seperti timbal atau kadmium yang berbahaya bagi tubuh manusia dan lingkungan. Jika produk oxo-biodegradable mengandung aditif ini, maka dapat menyebabkan masalah baru dan memperburuk dampak negatif pada lingkungan.

Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memahami perbedaan antara biodegradable dan oxo-biodegradable, serta resiko dan dampak masing-masing. Idealnya, kita harus mencari produk yang sepenuhnya biodegradable dan dapat terurai menjadi bahan organik yang tidak berbahaya. Saat ini, ada sertifikasi dan label khusus yang dapat membantu kita memilih produk yang benar-benar ramah lingkungan.

Penting juga bagi pemerintah dan badan pengatur untuk mengadopsi standar yang lebih ketat dalam mengklasifikasikan dan mengatur produk oxo-biodegradable. Ini akan membantu mengurangi kebingungan konsumen dan memberikan jaminan bahwa produk yang digunakan benar-benar mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Kesimpulannya, meskipun oxo-biodegradable secara umum dianggap sebagai bentuk yang lebih "baik" dibandingkan dengan produk yang tidak terdegradasi, perlu dipertimbangkan efek jangka panjangnya terhadap lingkungan. Dalam jangka panjang, produk yang sepenuhnya biodegradable merupakan pilihan yang lebih baik karena dapat diurai secara alami tanpa meninggalkan residu yang sulit terurai. Sebagai konsumen cerdas, kita harus memahami perbedaan ini untuk membuat keputusan yang benar-benar baik bagi lingkungan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *