news

LASTEST NEWS

2023-10-06

Results and Discussion

Results and Discussion adalah bagian dari sebuah artikel ilmiah yang sangat penting. Bagian ini berfungsi untuk menyajikan hasil penelitian yang telah dilakukan dan menjelaskan makna dan interpretasi dari hasil tersebut. Results and Discussion biasanya merupakan bagian terpanjang dalam sebuah artikel ilmiah dan membutuhkan analisis dan penjelasan yang mendalam.

Dalam bagian Results, penulis perlu menyajikan data dan informasi yang diperoleh dari penelitian. Data dapat berupa tabel, grafik, atau gambar yang disajikan dengan jelas dan rapi. Data-data ini perlu diorganisir dengan baik agar pembaca dapat dengan mudah memahami dan menginterpretasi hasilnya. Penulis bisa menggunakan pendekatan kuantitatif atau kualitatif dalam menyajikan data, tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan.

Selanjutnya, dalam bagian Discussion, penulis perlu memberikan penjelasan dan interpretasi dari hasil yang diperoleh. Bagian ini memungkinkan penulis untuk berdiskusi tentang implikasi dari hasil penelitian, hubungannya dengan penelitian terdahulu, dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena yang sedang diteliti.

Dalam menyajikan Results and Discussion, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, penulis perlu mengorganisir data dengan baik dan memastikan bahwa informasi yang disajikan relevan dan terkait dengan tujuan penelitian. Penggunaan tabel, grafik, atau gambar juga harus dilakukan dengan tepat dan diberi keterangan yang jelas.

Selain itu, penulis juga perlu memberikan analisis yang menyeluruh terhadap hasil yang diperoleh. Penjelasan ini harus didukung oleh referensi terkait dan dikaitkan dengan teori yang digunakan dalam penelitian. Hal ini akan membantu pembaca memahami dan mempertimbangkan hasil penelitian dengan lebih baik.

Dalam bagian Discussion, penulis perlu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang hasil penelitian. Hal ini dapat dilakukan dengan membandingkan hasil dengan penelitian terdahulu atau memberikan penjelasan yang lebih terperinci tentang hubungan sebab-akibat antara variabel yang diteliti. Penulis juga bisa menyajikan argumen yang mendukung hasil penelitian dan menjelaskan implikasinya dalam konteks yang lebih luas.

Selain itu, dalam Results and Discussion, penulis pun perlu mengakui adanya keterbatasan dalam penelitian ini. Hal ini dapat mencakup batasan metodologi, masalah dalam pengumpulan data, atau faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Dengan mengakui keterbatasan ini, penulis dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang keandalan dan validitas hasil penelitian.

Penting juga bagi penulis untuk tidak mengulang kembali informasi yang telah disajikan dalam bagian Results. Discussion sebaiknya tidak hanya berfokus pada penjelasan ulang terhadap data dan informasi yang telah disajikan, tetapi lebih kepada memberikan interpretasi dan pemahaman yang baru terhadap hasil tersebut.

Dalam menyusun Results and Discussion, penulis juga perlu memperhatikan gaya penulisan yang jelas dan padat. Kalimat yang dipilih sebaiknya tidak ambigu atau memberi ruang untuk interpretasi yang salah. Pemilihan kata yang tepat juga penting agar hasil penelitian dapat disajikan dalam cara yang obyektif dan persuasif.

Dalam kesimpulan, Results and Discussion adalah bagian penting dalam sebuah artikel ilmiah. Bagian ini memungkinkan penulis untuk menyajikan hasil penelitian secara terperinci dan memberikan interpretasi yang mendalam. Dengan menyusun Results and Discussion dengan baik, penulis dapat memastikan bahwa hasil penelitian mereka dapat dipahami dengan baik oleh pembaca dan memberikan dampak yang signifikan dalam bidang penelitian yang relevan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *