news

2023-10-07

Scholarly articles for biodegradable polymer pbat 2020

Pada tahun 2020, banyak artikel ilmiah yang mengungkapkan kemajuan dalam bidang polimer biodegradabel PBAT (Polybutylene Adipate Terephthalate). Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa studi terkini yang membantu memperdalam pemahaman kita tentang perkembangan terbaru dalam PBAT.

PBAT adalah jenis polimer yang memiliki sifat biodegradable, artinya dapat terurai secara alami oleh mikroorganisme dalam lingkungan tertentu. Ini adalah sifat yang sangat diinginkan dalam berbagai aplikasi, terutama dalam industri plastik, di mana masalah limbah plastik menjadi semakin mendesak untuk diatasi.

Salah satu studi yang diterbitkan pada tahun 2020 dalam jurnal "Polymer Degradation and Stability" adalah "Biodegradation behavior of PBAT films under soil burial conditions". Penelitian ini melakukan analisis komprehensif terhadap kecepatan biodegradasi PBAT dalam kondisi penguburan tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBAT telah menunjukkan kemampuan mengalami biodegradasi yang signifikan dalam waktu yang relatif singkat. Studi ini membuktikan bahwa PBAT memiliki potensi besar sebagai alternatif plastik konvensional yang dapat terurai secara alami.

Artikel berikutnya yang perlu diperhatikan adalah "Mechanical and thermal properties of PBAT-based nanocomposites reinforced with cellulose nanocrystals (CNCs) and compatible oligomeric polylactic acid (oPLA)". Studi ini bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanik dan termal PBAT dengan menambahkan nanokomposit berbasis nanokristal selulosa (CNCs) dan asam polilaktat (PLA) oligomerik yang kompatibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan CNCs dan oPLA secara signifikan meningkatkan sifat mekanik dan termal PBAT. Hal ini membuktikan potensi PBAT dalam aplikasi yang membutuhkan sifat mekanik yang kuat namun tetap ramah lingkungan.

Di bidang pengembangan aplikasi PBAT, artikel "Fabrication of antimicrobial PBAT films incorporating ZnO nanoparticles for food packaging" menarik untuk dibahas. Studi ini bertujuan untuk menghasilkan film PBAT dengan sifat antimikroba untuk aplikasi kemasan makanan. Nanopartikel seng oksida (ZnO) ditambahkan ke dalam PBAT untuk meningkatkan sifat antimikroba film. Hasilnya menunjukkan bahwa penambahan ZnO menghasilkan film PBAT dengan aktivitas antimikroba yang signifikan terhadap bakteri patogen. Ini menunjukkan potensi PBAT dalam menjaga keamanan makanan dan memberikan solusi ramah lingkungan untuk kemasan makanan.

Selain itu, artikel "PBAT biodegradable film reinforced with lignocellulose nanofibers: Synthesis, properties, and potential applications" mengungkapkan perkembangan baru dalam penggunaan serat nanolignoselulosa sebagai penguat dalam pembuatan film PBAT biodegradable. Penambahan serat nanolignoselulosa diketahui dapat meningkatkan sifat mekanik dan termal film PBAT, serta meningkatkan kekuatan fisik dan ketahanan terhadap biodegradasi. Studi ini membuka peluang untuk mengembangkan film PBAT yang lebih kuat dengan pemanfaatan bahan baku berkelanjutan.

Gagasan terakhir yang perlu diperhatikan adalah penggunaan PBAT dalam menjaga kebersihan lingkungan. Artikel "Biodegradable PBAT/non-woven fabric composite as a controlled release carrier for agricultural urea" membahas penggunaan PBAT sebagai pembawa pelepasan terkontrol untuk urea pertanian. Penelitian ini menunjukkan bahwa PBAT dapat digunakan untuk mengontrol pelepasan urea secara berkelanjutan dan efisien dalam aplikasi pertanian. Ini berpotensi mengurangi polusi dalam bentuk limbah urea dan meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk.

Secara keseluruhan, tulisan ini telah mengangkat beberapa artikel ilmiah terkini tentang PBAT pada tahun 2020. Ini mencakup perkembangan dalam pemahaman biodegradasi PBAT, peningkatan sifat mekanik dan termal dengan penambahan penguat, penerapan dalam kemasan makanan antimikroba, potensi penggunaan serat nanolignoselulosa, dan penggunaannya sebagai pelepasan terkontrol dalam aplikasi pertanian. Semua penelitian ini memberikan pandangan yang mendalam tentang potensi PBAT sebagai alternatif plastik yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan di masa depan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *