news

2023-10-10

What are compostable ziplock bags made from?

Apa yang Membuat Kantong Ziplock Komposabel Terbuat Dari?

Kantong plastik adalah produk umum dalam kehidupan sehari-hari kita. Mereka digunakan secara luas dalam berbagai situasi, mulai dari menyimpan makanan hingga menyortir dan mengatur peralatan rumah tangga. Namun, efek negatif yang ditimbulkan oleh sampah plastik di lingkungan semakin memengaruhi planet kita. Munculnya plastik komposabel telah menyediakan solusi yang lebih ramah lingkungan untuk kantong ziplock. Mari kita jelajahi apa yang membuat kantong ziplock komposabel terbuat dari.

Produksi dan Pemanfaatan Plastik

Sebelum kita mempelajari plastik komposabel, penting untuk memahami apa yang membuat plastik tradisional tidak ramah lingkungan. Plastik umumnya terbuat dari minyak bumi atau bahan baku fosil lainnya. Ini berarti bahwa proses produksi plastik yang paling umum melibatkan peleburan bahan baku fosil padat menjadi bahan plastik cair. Setelah mencapai bentuk yang diinginkan, plastik didinginkan dan dibentuk menjadi berbagai produk seperti botol, kemasan, dan kantong.

Kantong plastik tradisional tidak dapat terurai secara alami. Mereka terjadi karena faktor-faktor seperti sinar matahari, panas, dan tekanan, yang memengaruhi kestrukturan molekul plastik. Ini berarti bahwa plastik menghabiskan ratusan tahun untuk terurai, tetapi kadang-kadang lebih lama. Akibatnya, lautan kita sekarang penuh dengan plastik dan tanah kita diperkaya dengan sampah plastik yang tidak terurai. Oleh karena itu, solusi seperti plastik komposabel menjadi lebih penting.

Kantong Ziplock Komposabel

Kantong ziplock komposabel pada dasarnya dirancang untuk terurai secara alami dan tidak meninggalkan limbah yang merugikan alam. Mereka terbuat dari bahan alami dan dapat membusuk menjadi humus, yang bisa menjadi pupuk alami, dalam waktu yang relatif singkat.

Salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat kantong ziplock komposabel adalah pati jagung. Pati jagung adalah bahan yang berasal dari biji jagung. Jagung adalah tanaman yang mudah didaur ulang dan bahan baku yang berkelanjutan. Framasinya jauh lebih cepat daripada plastik tradisional dan menghasilkan karbon dioksida yang jauh lebih rendah selama proses dekomposisi.

Selain pati jagung, plastik komposabel juga bisa terbuat dari pati kentang dan biji-bijian lainnya. Kombinasi bahan ini memungkinkan dilakukannya pengontrolan waktu dekomposisi di kisaran yang diinginkan. Dengan kata lain, produsen dapat mengatur durasi yang diperlukan untuk komposisi kantong ziplock berdasarkan kebutuhan penggunaan mereka. Beberapa kantong komposabel secara efektif terurai dalam waktu beberapa minggu, sementara yang lain mungkin memerlukan beberapa bulan untuk membusuk sepenuhnya.

Manfaat Kantong Ziplock Komposabel

Pertama dan terutama, penggunaan kantong ziplock komposabel dapat membantu mengurangi jumlah plastik yang mencemari lingkungan kita. Setelah kantong ini digunakan, mereka dapat dibuang ke komposter atau fasilitas daur ulang yang dapat memecah mereka menjadi komponen organik yang aman. Ini akan mengurangi dampak buruk yang dihasilkan dari pembuangan sampah plastik tradisional.

Selain itu, karena bahan yang digunakan dalam produksi kantong ziplock komposabel adalah bahan alami, mereka tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Ini berarti bahwa ketika kantong ini terurai, tidak ada residu atau kontaminan yang merugikan lingkungan maupun kesehatan manusia.

Selama beberapa tahun terakhir, orang-orang telah mulai beralih ke produk komposabel. Ini diimbangi dengan meningkatnya kesadaran tentang kebutuhan untuk melindungi lingkungan kita dan mengurangi konsumsi plastik sekali pakai. Beberapa restoran, toko, dan supermarket telah memulai inisiatif untuk menggunakan kantong ziplock komposabel sebagai langkah pertama dalam pengurangan plastik sekali pakai yang berlebihan.

Dalam kesimpulan, kantong ziplock komposabel dibuat dari bahan alami seperti pati jagung, pati kentang, dan biji-bijian lainnya. Pilihan ini memungkinkan kantong ziplock untuk terurai secara alami dan menghasilkan sedikit dampak buruk terhadap lingkungan. Beralih ke kantong ziplock komposabel adalah langkah sederhana yang dapat diambil oleh setiap individu untuk membantu mengurangi jumlah sampah plastik dan melindungi alam. Dalam jangka panjang, ini akan memberi kontribusi signifikan terhadap keberlanjutan planet kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *