news

2023-10-10

What are compostable ziplock bags made of?

Apa yang Dibuat dari Kantong Ziplock Komposabel?

Pada zaman yang serba sibuk ini, kebutuhan akan kemudahan dan kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Kantong plastik menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk menyimpan dan mengemas berbagai barang. Namun, dampak negatif dari penggunaan berlebihan kantong plastik terhadap lingkungan sangatlah besar. Oleh karena itu, kantong ziplock komposabel muncul sebagai alternatif ramah lingkungan yang bisa mengurangi limbah plastik. Apakah Anda penasaran dengan apa yang membuatnya komposabel? Mari kita lihat!

Sebelum kami membahas tentang apa yang membuat kantong ziplock komposabel, kita perlu memahami apa itu komposabel. Komposabel berarti sesuatu yang dapat diuraikan menjadi bahan organik oleh mikroorganisme dalam waktu tertentu. Pada umumnya, komposabel terbuat dari bahan-bahan alami seperti pati jagung, pati ubi jalar, dan pati gandum. Tapi apa yang membuat bahan-bahan ini menjadi kantong yang memiliki kekuatan dan kepraktisan sebanding dengan kantong plastik konvensional?

Kantong ziplock komposabel biasanya terbuat dari campuran pati alam dan polimer biodegradable. Polimer biodegradable adalah bahan kimia yang bisa terurai secara alami oleh mikroorganisme dalam suatu lingkungan tertentu. Biasanya, pati alam yang digunakan adalah pati jagung karena pati ini memiliki sifat yang sangat fleksibel dan kuat sehingga dapat digunakan untuk membuat kantong yang kokoh.

Kantong ziplock komposabel juga mengandung plastik PLA (Polylactic Acid) yang dibuat dari pati jagung yang kemudian melalui serangkaian proses kimia untuk mengubahnya menjadi polimer yang memiliki sifat mirip dengan plastik konvensional. PLA ini merupakan plastik yang mempunyai sifat ramah lingkungan karena bisa terurai sepenuhnya dalam waktu yang relatif singkat.

Seperti halnya kantong plastik konvensional, kantong ziplock komposabel juga dilengkapi dengan penutup ziplock yang memberikan kemudahan penggunaan. Penutup ziplock ini biasanya terbuat dari bahan PLA atau bahan lain yang dapat terurai secara alami. Meskipun demikian, ada beberapa produsen yang menggunakan bahan lain seperti polimer alami dan pati ubi jalar.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun kantong ziplock komposabel dapat terurai menjadi bahan organik dalam kondisi tertentu, namun tidak semua tempat pembuangan sampah memungkinkan terurai secara sempurna. Untuk menguraikan kantong ziplock komposabel, tempat pembuangan sampah yang memiliki kondisi yang baik diperlukan, seperti tempat pengomposan khusus. Jadi, sebagai konsumen, pastikan Anda mencari tempat pembuangan yang sesuai untuk mendaur ulang kantong ziplock komposabel.

Selain sifat komposabelnya, kantong ziplock juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Misalnya, kantong ziplock komposabel sama kuat dan tahan airnya dengan kantong plastik konvensional, membuatnya cocok untuk menyimpan makanan dan barang-barang lain yang membutuhkan perlindungan dari kelembapan. Selain itu, kantong ziplock komposabel juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi jumlah limbah plastik di lingkungan kita.

Dalam menanggapi kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari penggunaan kantong plastik, banyak produsen telah mulai memproduksi kantong ziplock komposabel sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Beberapa merek terkenal seperti Ziploc, BioBag, dan EcoSafe memproduksi kantong ziplock komposabel dengan berbagai ukuran yang tersedia.

Secara keseluruhan, kantong ziplock komposabel adalah alternatif yang baik untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan kantong plastik. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti pati jagung dan polimer biodegradable, kantong ziplock komposabel dapat terurai menjadi bahan organik dalam waktu tertentu. Meskipun demikian, sebagai konsumen, penting untuk mencari tempat pembuangan sampah yang sesuai untuk mendaur ulang kantong ziplock komposabel. Dengan menggunakan kantong ziplock komposabel, kita dapat berkontribusi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *