news

2023-10-10

What are the 3 principles of drawdown?

Prinsip-pindah mundur (drawdown) mengacu pada kehilangan maksimal dari modal yang diinvestasikan dalam perdagangan atau investasi sebelum mencapai kembali level awalnya. Secara umum, semakin tinggi drawdown yang dialami, semakin tinggi risiko investasi tersebut.

Dalam konteks investasi, terdapat tiga prinsip utama drawdown yang perlu dipahami oleh para investor. Prinsip-prinsip ini tidak hanya penting untuk pengelolaan portofolio yang sukses tetapi juga untuk memahami fleksibilitas dan kerangka kerja investasi yang berkelanjutan.

1. Prinsip Diversifikasi: Prinsip diversifikasi merupakan prinsip utama dalam mengelola drawdown. Dalam upaya mengurangi risiko, investor harus mengalokasikan modal mereka ke berbagai kelas aset, sektor, negara, dan instrumen keuangan. Dengan berinvestasi di banyak instrumen, investor dapat mengurangi kemungkinan drawdown besar yang diakibatkan oleh kerugian kategori aset tunggal.

Misalnya, seorang investor yang hanya menginvestasikan seluruh modalnya dalam saham teknologi dapat menderita drawdown besar jika sektor teknologi menghadapi tekanan atau kejatuhan harga. Namun, dengan melakukan diversifikasi portofolio melalui investasi dalam saham, obligasi, emas, real estat, atau aset lainnya, investor dapat meminimalkan dampak drawdown sektor spesifik.

Selain diversifikasi aset, investor juga harus mempertimbangkan diversifikasi geografis. Investasi di berbagai negara dapat meningkatkan kesempatan untuk memperoleh hasil yang lebih stabil dan mengurangi risiko sistemik. Misalnya, jika ekonomi suatu negara mengalami penurunan tiba-tiba, investor yang memiliki investasi di negara lain yang sedang tumbuh dapat membatasi dampak negatif pada portofolio mereka secara keseluruhan.

2. Prinsip Manajemen Risiko: Prinsip manajemen risiko melibatkan pemahaman dan penerapan strategi yang efektif untuk melindungi modal investasi dari kerugian besar. Investor harus mengenali dan mengukur risiko yang terlibat dalam investasi mereka serta mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya.

Salah satu metode yang umum digunakan adalah menetapkan batasan risiko berdasarkan toleransi risiko masing-masing investor. Misalnya, investor yang memiliki toleransi risiko rendah dapat menetapkan batasan drawdown maksimum sebesar 10%, sedangkan investor yang lebih agresif mungkin bersedia menerima drawdown maksimum hingga 20%.

Selain itu, penggunaan alat manajemen risiko seperti stop-loss order juga dapat membantu melindungi modal investasi. Stop-loss order secara otomatis menjual aset jika harga mencapai level yang ditentukan sebelumnya, sehingga mengurangi risiko akibat pergerakan harga yang tidak diharapkan.

3. Prinsip Waktu dan Kesabaran: Prinsip waktu dan kesabaran merupakan prinsip yang sering diabaikan oleh banyak investor. Ketika menghadapi drawdown, kesabaran menjadi faktor kunci dalam mengatasi tantangan dan mempertahankan investasi jangka panjang.

Para investor harus menerima bahwa pasar keuangan memiliki siklus naik-turun yang tidak dapat diprediksi secara akurat. Hal ini berarti drawdown mungkin terjadi dalam jangka pendek, tetapi dapat pulih dan mencapai kembali tingkat yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Investor yang memiliki kesabaran yang kuat dapat menghindari keputusan impulsive seperti penjualan aset saat nilai turun, yang dapat memperpanjang atau memperparah drawdown. Dalam beberapa kasus, investor bahkan dapat memanfaatkan drawdown untuk membeli aset dengan harga murah dan menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Prinsip waktu dan kesabaran juga berdampak pada pemilihan instrumen investasi. Investasi jangka panjang yang didukung oleh fundamental yang kuat cenderung memiliki potensi pulih dari drawdown yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kesimpulannya, prinsip-prinsip drawdown yang melibatkan diversifikasi, manajemen risiko, waktu, dan kesabaran penting untuk dipahami dan diterapkan dalam pengelolaan investasi. Menggunakan prinsip-prinsip ini secara efektif dapat membantu investor mengurangi risiko, melindungi modal investasi mereka, dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *