news

2023-10-10

What are the different types of biodegradable plastics?

Plastik merupakan material yang digunakan secara luas dalam berbagai aspek kehidupan kita, namun plastik juga menjadi penyebab serius dari masalah lingkungan. Hal ini disebabkan karena unsur-unsur kimia yang terkandung dalam plastik konvensional sulit diurai oleh lingkungan alami, menyebabkan timbunan sampah plastik yang semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, bioplastik atau plastik terurai menjadi pilihan yang semakin populer untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh plastik konvensional. Plastik terurai adalah jenis plastik yang dapat terurai oleh bakteri, jamur, atau lingkungan alami lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis plastik terurai yang ada.

1. Polihidroksialkanoat (PHA) Polihidroksialkanoat atau PHA adalah jenis plastik terurai yang diproduksi oleh bakteri ketika makan bahan organik seperti minyak nabati atau gula. Kelebihan dari PHA adalah kemampuannya untuk menjadi plastik yang mengikuti kebutuhan aplikasi tertentu. Contohnya, PHA dapat diproduksi dalam bentuk fleksibel untuk film plastik atau bisa juga dalam bentuk keras untuk pembuatan botol.

2. Asam polilaktat (PLA) Asam polilaktat atau PLA merupakan bioplastik yang dihasilkan dari pati jagung, pati gandum, atau tebu. PLA memiliki sifat-sifat mirip dengan polistirena serta tahan panas hingga 200 derajat Celsius. Selain itu, PLA juga dapat terurai selama 6 hingga 24 bulan di bawah kondisi pengomposan yang tepat. Kelebihan lainnya dari PLA adalah kemampuannya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca selama proses produksinya jika dibandingkan dengan produksi petrokimia.

3. Polibutirat (PBAT) Polibutirat atau PBAT adalah jenis biodegradable plastik yang terbuat dari kombinasi bahan seperti polibutirena (dalam hal ini adalah resin biodegradable) dan asam adikitat. PBAT telah digunakan secara komersial sebagai bahan pengemasan yang terurai. Kelebihan PBAT adalah sifat elastisitas dan kekuatannya, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam produksi kemasan seperti kantong plastik dan gulungan film plastik.

4. Polidihidroksibutilenadipat (PHB) Polidihidroksibutilenadipat atau PHB adalah jenis bioplastik yang diproduksi oleh beberapa jenis bakteri. PHB mirip dengan plastik PET dalam hal kekuatan dan kekakuan, sehingga cocok untuk digunakan sebagai pengganti plastik konvensional dalam produksi botol. PHB memiliki kemampuan terdegradasi oleh lintah atau mikroorganisme dalam waktu 12 bulan.

5. Polikaprolakton (PCL) Polikaprolakton atau PCL adalah bioplastik yang menunjukkan stabilitas dan kekuatan mekanis yang baik. PCL mengalami biodegradasi perlahan dan dapat terurai dalam waktu beberapa tahun (sekitar 2 hingga 5 tahun) dalam kondisi pengomposan yang tepat. PCL digunakan dalam aplikasi seperti bahan cetakan, produk medis, dan bahan serat.

6. Polivinil alkohol (PVOH) Polivinil alkohol atau PVOH adalah bioplastik yang dapat terurai dalam air. PVOH digunakan dalam berbagai aplikasi seperti kantong plastik air teroxidasi yang dapat terurai, pembuatan kantong plastik yang larut dalam air, dan kemasan makanan.

7. Amilum termodifikasi (TPS) Amilum termodifikasi atau TPS adalah bioplastik yang diperoleh dari pati dengan modifikasi tertentu. TPS memiliki sifat-sifat mekanis yang mirip dengan polistirena dan dapat terurai dalam waktu yang relatif singkat jika terkena lingkungan alami. TPS sering digunakan dalam produksi kantong plastik, pembungkus makanan, dan bahan pembungkus lainnya.

Itulah beberapa jenis plastik terurai yang saat ini tersedia. Dalam upaya menjaga keberlanjutan planet kita, penggunaan plastik terurai menjadi semakin penting. Namun, perlu dicatat bahwa meski plastik terurai memiliki manfaat lingkungan yang signifikan, masih ditemukan tantangan dalam hal infrastruktur pengolahan dan pengomposan yang diperlukan untuk mengembalikannya ke lingkungan secara efektif. Oleh karena itu, penting bagi konsumen dan produsen untuk bekerja sama guna mencari solusi terbaik untuk pengelolaan dan penggunaan plastik yang lebih berkelanjutan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *