news

2023-10-10

What are the different types of degradable plastic?

Plastik adalah bahan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, dampaknya terhadap lingkungan telah menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir. Plastik yang sulit terurai secara alami dapat mencemari lautan, mencemari udara, dan juga mempengaruhi kesehatan manusia. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa inovasi di bidang teknologi telah menghasilkan berbagai jenis plastik yang dapat terurai secara alami atau dikenal sebagai degradable plastic. Artikel ini akan membahas berbagai jenis plastik terdegradasi yang tersedia saat ini.

1. Plastik yang Daur Ulang: Salah satu jenis plastik terdegradasi adalah plastik yang daur ulang. Ini adalah jenis plastik yang dapat dimulai sebagai produk plastik baru, tetapi juga terurai dengan baik setelah digunakan secara berulang. Plastik daur ulang ini dapat terurai secara biologis melalui kompos atau dapat didaur ulang menjadi produk plastik baru dengan menggunakan proses daur ulang yang tepat.

2. Plastik Terurai Secara Alami: Plastik terurai secara alami adalah jenis plastik yang terbuat dari bahan organik alami seperti pati, selulosa, atau serat alami lainnya. Plastik ini akan terurai secara alami melalui proses biodegradasi dalam waktu yang relatif singkat. Keuntungan dari plastik terurai secara alami adalah bahwa mereka tidak meninggalkan residu berbahaya dan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

3. Plastik Terurai dengan Bantuan Bakteri: Beberapa jenis plastik terdegradasi dibuat dengan bantuan bakteri. Bakteri yang memiliki kemampuan untuk menguraikan plastik tertentu dapat digunakan untuk mempercepat proses degradasi plastik. Bakteri ini sangat efektif dalam mengatasi masalah limbah plastik dan dapat digunakan untuk mengolah sampah plastik yang sulit diurai secara alami.

4. Plastik Terurai oleh Sinar Matahari: Seiring dengan teknologi yang berkembang, beberapa jenis plastik telah dikembangkan untuk terurai di bawah sinar matahari. Proses ini dikenal sebagai fotodegradasi. Ketika plastik ini terpapar sinar matahari, senyawa kimia dalam plastik mengalami perubahan struktural, sehingga menghasilkan partikel-partikel yang lebih kecil dan mudah terurai. Jenis plastik ini sangat berguna dalam aplikasi yang melibatkan paparan terhadap sinar matahari yang teratur, seperti plastik di area luar ruangan atau dalam konstruksi bangunan.

5. Plastik Terurai Secara Kimia: Plastik terurai secara kimia adalah jenis plastik yang dapat diuraikan melalui proses kimia tertentu. Proses ini melibatkan penggunaan bahan kimia seperti enzim, asam, atau alkali untuk memecah ikatan kimia dalam plastik. Plastik ini sering digunakan dalam aplikasi tertentu seperti peralatan medis atau peralatan laboratorium yang sering membutuhkan sterilisasi.

6. Plastik Okso-Terurai: Plastik okso-terurai adalah jenis plastik yang mengandung bahan aditif oksigen. Saat plastik ini terpapar sinar matahari atau suhu tinggi, bahan aditif ini mempercepat proses oksidasi dan menghancurkan ikatan dalam plastik. Plastik okso-terurai cukup kontroversial karena beberapa penelitian mengindikasikan bahwa mereka tidak sepenuhnya terurai dan dapat meninggalkan partikel mikroplastik yang berbahaya.

Terkadang, penggunaan degradable plastic tidak sepenuhnya menggantikan penggunaan plastik konvensional, tetapi dapat berfungsi sebagai solusi alternatif selama periode penggunaan tertentu. Pilihan plastik terdegradasi harus dipertimbangkan berdasarkan aplikasinya dan tingkat degradasi yang diinginkan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Inovasi yang berkelanjutan dan penelitian lebih lanjut di bidang ini akan membantu kita mencapai solusi plastik yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan di masa depan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *