news

2023-10-10

What companies are making biodegradable plastic?

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata "plastik"? Mungkin yang terlintas di benak Anda adalah bahan yang tahan lama, tidak ramah lingkungan, dan sulit terurai. Kebanyakan plastik yang saat ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari memang tidak ramah lingkungan dan dapat menyebabkan masalah akibat limbah plastik yang berlebihan. Namun, sejumlah perusahaan saat ini sedang berusaha untuk mengubah pandangan kita tentang plastik dengan mengembangkan plastik yang bisa terurai secara alami, dikenal sebagai plastik biodegradabel.

Plastik biodegradabel adalah materi plastik yang dapat terurai menjadi komponen organik oleh mikroorganisme seperti bakteri atau jamur dalam waktu tertentu. Ini berarti bahwa plastik tersebut tidak akan mengakumulasi di lingkungan seperti plastik konvensional dan bisa di daur ulang dengan lebih efisien. Dengan penggunaan plastik biodegradabel, harapannya polusi plastik dalam jangka panjang dapat berkurang.

Namun, siapa saja perusahaan yang berada di garis depan dalam pengembangan dan produksi plastik biodegradabel? Berikut ini beberapa perusahaan yang sedang membuat terobosan di bidang ini:

1. NatureWorks NatureWorks, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, telah menjadi pelopor dalam pengembangan bioplastik berbasis aliran alam seperti polilaktida (PLA). PLA adalah plastik yang sepenuhnya terbuat dari biomassa, seperti jagung atau gula, dan dapat terurai secara alami. NatureWorks menghasilkan berbagai macam produk PLA, termasuk botol, kemasan makanan, dan film yang digunakan dalam industri pertanian.

2. BASF BASF adalah salah satu produsen kimia terbesar di dunia dan mereka juga berkontribusi dalam pengembangan plastik biodegradabel. Perusahaan ini telah mengembangkan Ecovio, sebuah bahan plastik yang terurai secara alami dalam kondisi kompos. Ecovio dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kemasan, pertanian, dan perawatan hewan.

3. Arkema Arkema, perusahaan kimia Prancis, juga telah mengembangkan berbagai produk biodegradabel. Salah satu produk utamanya adalah Rilsan, jenis poliamida yang terbuat dari sumber organik yang dapat terurai jika dikomposkan. Rilsan banyak digunakan dalam industri tekstil, otomotif, dan kemasan makanan.

4. Danimer Scientific Danimer Scientific adalah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat dan terkenal dengan inovasinya dalam pengembangan bioplastik ramah lingkungan. Mereka telah mengembangkan bahan bioplastik berbasis polihidroksialkanoat (PHA) yang dapat terurai secara alami. Produk PHA mereka, Sephorie, telah digunakan dalam berbagai aplikasi seperti kemasan makanan, perawatan pribadi, dan produk medis.

5. Bio-on Bio-on adalah perusahaan bioteknologi asal Italia yang terfokus pada pengembangan dan produksi plastik biodegradabel berbasis polihidroksialkanoat (PHA). Mereka telah mengembangkan berbagai produk PHA yang dapat digunakan dalam kemasan, tekstil, dan kosmetik.

Perusahaan-perusahaan ini hanya beberapa contoh dari banyaknya pelaku industri yang berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan plastik biodegradabel. Meskipun masih banyak tantangan yang harus diatasi, langkah-langkah ini merupakan langkah awal yang positif untuk mengatasi masalah polusi plastik global.

Dalam menghadapi krisis lingkungan saat ini, penting bagi perusahaan untuk mengadopsi penggunaan plastik biodegradabel atau mengembangkan alternatif yang ramah lingkungan. Konsumen juga harus memperhatikan produk-produk yang mereka beli dan memilih plastik biodegradabel jika memungkinkan. Dengan kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, kita semua dapat bekerja sama untuk mengatasi masalah limbah plastik dan melindungi lingkungan kita untuk generasi mendatang.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *