news

2023-10-16

do compostable bags break down in landfills

Apakah Kantong Daur Ulang Terurai di Tempat Pembuangan Akhir?

Kantong plastik sekali pakai telah lama menjadi masalah lingkungan yang serius. Mereka seringkali berakhir di tempat pembuangan akhir dan menyumbang pada penumpukan sampah plastik yang tidak dapat diurai dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, konsep kantong daur ulang yang terurai di tempat pembuangan akhir telah menjadi fokus perhatian banyak orang. Namun, benarkah kantong daur ulang benar-benar terurai di tempat pembuangan akhir? Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan tersebut dengan memeriksa apakah kantong daur ulang benar-benar terurai di tempat pembuangan akhir.

Kantong daur ulang adalah kantong yang dihasilkan dari bahan alami seperti pati jagung atau pati kentang. Mereka sering dianggap sebagai solusi yang lebih baik untuk menggantikan kantong plastik sekali pakai konvensional karena mereka diklaim dapat terurai dengan cepat setelah dibuang ke tempat pembuangan akhir. Namun, sebelum kita memahami apakah kantong daur ulang benar-benar terurai di tempat pembuangan akhir, kita perlu memahami bagaimana tempat pembuangan akhir bekerja.

Tempat pembuangan akhir adalah tempat di mana sampah dibuang dan dikubur dalam tanah. Tanahnya kemudian dipadatkan untuk mengurangi paparan terhadap udara dan sinar matahari. Kelembaban dan oksigen juga dikurangi di dalam tempat pembuangan akhir tersebut. Hal ini menciptakan suasana yang tidak menguntungkan bagi dekomposisi sampah.

Kembali kepada kantong daur ulang, apakah mereka bisa terurai di tempat pembuangan akhir? Jawabannya adalah, tergantung pada kondisinya. Kantong daur ulang hanya akan terurai dengan baik jika memenuhi kondisi tertentu di tempat pembuangan akhir.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kantong daur ulang, seperti pati jagung, dapat terurai dengan baik di tanah dengan adanya kelembaban dan oksigen. Namun, tanpa kelembaban dan oksigen yang cukup di tempat pembuangan akhir, proses dekomposisi akan sangat lambat atau bahkan tidak ada sama sekali.

Dalam keadaan ideal, kantong daur ulang akan terurai dalam waktu sekitar 3-6 bulan jika ditempatkan di komposter rumah yang memiliki kondisi yang tepat. Komposter rumah dapat menyediakan lingkungan yang hangat, lembab, serta oksigen yang cukup untuk dekomposisi bahan alami. Namun, di tempat pembuangan akhir, kondisi tersebut sangat jarang terpenuhi. Oleh karena itu, prediksi bahwa kantong daur ulang akan terurai di tempat pembuangan akhir adalah sangat tidak mungkin.

Selain itu, di tempat pembuangan akhir, kantong daur ulang seringkali terkubur di dalam tumpukan sampah dan tertutup oleh bahan lain seperti kertas atau limbah organik. Hal ini dapat menyebabkan isolasi lebih lanjut dan pengurangan paparan terhadap oksigen. Akibatnya, kantong daur ulang yang terkubur dalam tumpukan sampah dapat memakan waktu bertahun-tahun atau bahkan berpuluh-puluh tahun untuk terurai.

Namun, penting untuk diingat bahwa meski kantong daur ulang mungkin tidak secara efektif terurai di tempat pembuangan akhir, mereka masih dapat memberikan manfaat yang lebih baik daripada kantong plastik sekali pakai konvensional. Kantong daur ulang dapat diuraikan dalam kondisi yang tepat, seperti melalui proses komposting di fasilitas daur ulang yang sesuai. Dalam hal ini, kantong daur ulang dapat membantu mengurangi kebutuhan akan bahan plastik baru dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Dalam kesimpulannya, meskipun kantong daur ulang diklaim bisa terurai di tempat pembuangan akhir, kondisi di tempat pembuangan akhir yang sebenarnya tidak menguntungkan bagi dekomposisi bahan alami seperti kantong daur ulang. Oleh karena itu, penting untuk mencari alternatif yang lebih baik seperti penggunaan kantong yang dapat digunakan kembali atau mendukung penggunaan kantong daur ulang melalui sistem daur ulang yang tepat. Hanya dengan demikian kita dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *