news

2023-10-17

featured snippets example

Fitur penyorotan unggulan (featured snippets) adalah perangkat yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk memberikan jawaban langsung kepada pengguna. Jawaban ini muncul di bagian atas hasil pencarian, di atas hasil organik. Fitur ini dirancang untuk memberikan pengguna informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah, tanpa harus mengklik pada hasil pencarian lainnya.

Featured snippets biasanya berupa cuplikan informasi singkat yang menjawab pertanyaan pengguna atau memberikan gambaran tentang topik tertentu. Beberapa contoh featured snippets yang sering muncul di hasil pencarian meliputi definisi, langkah-langkah, waktu, harga, dan fakta-fakta terkait.

Berikut adalah beberapa contoh featured snippets yang sering muncul di hasil pencarian:

1. Definisi: Ketika pengguna mencari definisi sebuah istilah atau konsep, seringkali Google akan menampilkan featured snippets berupa definisi yang diambil dari sumber tepercaya seperti ensiklopedia atau kamus online. Contohnya adalah ketika pengguna mencari "definisi teknologi." Hasil pencarian akan menampilkan definisi teknologi yang singkat, jelas, dan informatif di bagian atas hasil pencarian.

2. Langkah-langkah: Jika pengguna mencari instruksi tentang cara melakukan sesuatu, seperti "cara memasak nasi goreng" atau "langkah-langkah membuat kue brownies", Google akan menampilkan featured snippets berupa daftar langkah-langkah yang mudah diikuti. Pengguna tidak perlu mengklik hasil pencarian lainnya karena mereka sudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan langsung dari hasil pencarian tersebut.

3. Waktu: Untuk pertanyaan yang berhubungan dengan waktu, Google menyediakan featured snippets yang menunjukkan waktu secara langsung. Misalnya, ketika pengguna mencari "berapa jam sekarang di London" atau "jam berapa pertandingan sepak bola dimulai", Google akan menampilkan featured snippets berupa waktu aktual atau waktu yang dijadwalkan.

4. Harga: Jika pengguna mencari harga produk atau layanan, Google juga menampilkannya dalam featured snippets. Misalnya, ketika pengguna mencari "harga iPhone terbaru" atau "berapa harga tiket pesawat Jakarta-Bali", Google akan menampilkan hasil dengan harga langsung di bagian atas hasil pencarian, sehingga pengguna tidak perlu mencari lebih lanjut.

5. Fakta-fakta terkait: Ketika pengguna mencari informasi yang berhubungan dengan fakta-fakta spesifik, Google akan menampilkan featured snippets berupa jawaban singkat yang relevan dengan pertanyaan tersebut. Misalnya, jika pengguna mencari "berapa populasi negara Indonesia" atau "siapa presiden pertama Amerika Serikat", Google akan menampilkan jawaban yang akurat dan jelas di bagian atas hasil pencarian.

Featured snippets adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna karena mereka dapat dengan cepat mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan tanpa harus mencari lebih lanjut atau membuka halaman web lainnya. Hal ini juga bermanfaat bagi pemilik website dan bisnis online, karena mereka dapat menggunakan strategi SEO yang tepat untuk optimasi featured snippets, sehingga dapat meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs mereka.

Dalam rangka mengoptimalkan featured snippets, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan konten kita relevan dengan pertanyaan yang sering diajukan pengguna. Kedua, struktur konten kita dengan baik yang memungkinkan mesin pencari untuk sampai pada informasi yang tepat dengan mudah. Ketiga, gunakan kalimat pendek dan jelas, dan berikan jawaban yang spesifik dan informatif. Terakhir, optimalkan penggunaan tag HTML yang tepat, seperti header dan paragraf yang dirancang untuk menyoroti jawaban dari pertanyaan yang umum dilakukan pengguna.

Dalam kesimpulan, featured snippets adalah fitur yang berharga dalam mesin pencari, karena mereka memberikan informasi cepat dan akurat kepada pengguna. Dengan menggunakan teknik optimasi yang benar, pemilik website dan bisnis online dapat meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs mereka.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *