news

2023-10-18

how to make bioplastic from banana peels

Cara Membuat Bioplastik dari Kulit Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di dunia dan sering kali menjadi makanan favorit. Namun, tahukah Anda bahwa kulit pisang bisa diolah menjadi bioplastik yang ramah lingkungan? Bioplastik adalah alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan plastik konvensional yang sulit terurai. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah sederhana tentang bagaimana membuat bioplastik dari kulit pisang.

Sebelum kita mulai, alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

1. Kulit Pisang - Ambil beberapa buah pisang matang dengan kulit yang masih utuh. 2. Air - Diperlukan untuk proses pencucian kulit pisang. 3. Cairan Asam - Dapat menggunakan jus lemon atau cuka putih, berguna untuk menghilangkan lendir pada kulit pisang. 4. Blender atau Penggiling - Digunakan untuk menggiling kulit pisang hingga halus. 5. Air Panas - Diperlukan untuk membuat larutan setelah kulit pisang digiling. 6. Garam - Penting untuk membantu mengikat molekul dalam larutan bioplastik. 7. Alat Pemanas - Digunakan untuk menghangatkan larutan bioplastik sebelum dicetak. 8. Gelas atau Wadah Cetak - Berguna sebagai cetakan untuk membentuk bentuk bioplastik yang diinginkan.

Berikut langkah-langkah untuk membuat bioplastik dari kulit pisang:

Langkah 1: Bersihkan Kulit Pisang Cuci kulit pisang dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa. Setelah itu, rendam kulit pisang dalam larutan air dan cairan asam selama beberapa menit untuk menghilangkan lendir pada kulit.

Langkah 2: Menggiling Kulit Pisang Setelah kulit pisang bersih, gunakan blender atau penggiling untuk menggiling kulit pisang hingga halus. Pastikan tidak ada gumpalan besar yang tersisa.

Langkah 3: Membuat Larutan Bioplastik Campurkan kulit pisang yang telah digiling dengan air panas. Rasio antara air dan kulit pisang harus 3:1. Jadi, jika Anda menggunakan 300ml kulit pisang yang telah digiling, maka tambahkan 900ml air panas. Aduk larutan dengan hati-hati hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 4: Penambahan Garam Tambahkan sejumput garam ke dalam larutan bioplastik. Garam ini berfungsi untuk membantu mengikat molekul dalam larutan, yang nantinya akan membantu bioplastik menjadi lebih seimbang dan elastis.

Langkah 5: Pemanasan dan Pencetakan Panasakan larutan bioplastik di atas api kecil atau menggunakan alat pemanas hingga mencapai suhu sekitar 60 derajat Celsius. Ingatlah untuk terus mengaduk larutan agar tidak terbakar.

Setelah tercapai suhu yang diinginkan, tuangkan larutan bioplastik ke dalam gelas atau cetakan yang sudah disiapkan. Biarkan larutan mendingin dan mengeras selama beberapa jam.

Langkah 6: Menggunakan Bioplastik Setelah bioplastik mengeras sepenuhnya, Anda dapat mengeluarkannya dari cetakan dan menggunakan bioplastik sesuai kebutuhan Anda. Bioplastik yang dibuat dari kulit pisang ini dapat digunakan untuk membuat benda-benda kecil seperti sendok atau perhiasan, meskipun kekuatan dan daya tahan bioplastik ini mungkin tidak sebanding dengan plastik konvensional.

Dalam artikel ini, kita telah mengetahui bagaimana membuat bioplastik dari kulit pisang. Proses ini merupakan salah satu langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi penggunaan plastik konvensional yang sulit terurai dan berbahaya bagi lingkungan. Dengan menggunakan bahan alami seperti kulit pisang, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan mengurangi dampak negatif plastik terhadap bumi kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *