news

2023-10-18

how to report a channel on youtube mobile

Bagi pengguna YouTube, mungkin tidak jarang menjumpai kanal yang melanggar kebijakan komunitas, menampilkan konten yang tidak pantas, atau bahkan melakukan tindakan penipuan. Untuk melaporkan kanal semacam ini, YouTube memiliki fitur yang mudah digunakan melalui aplikasi seluler. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melaporkan sebuah kanal di YouTube melalui perangkat mobile Anda.

Langkah 1: Buka Aplikasi YouTube Pastikan aplikasi YouTube sudah terpasang di perangkat seluler Anda. Buka aplikasi dan masuklah ke akun YouTube Anda jika belum melakukan log in.

Langkah 2: Temukan Kanal yang Ingin Dilaporkan Mulailah dengan mencari kanal yang ingin Anda laporkan. Anda dapat melakukannya dengan membuka daftar putar atau video yang biasanya ditampilkan di beranda Anda, atau dengan melakukan pencarian menggunakan fitur pencarian di aplikasi tersebut.

Langkah 3: Buka Profil Kanal Setelah menemukan kanal yang ingin Anda laporkan, buka profil kanal dengan cara mengetuk ikon gambar profil kanal yang terletak di sebelah kanan nama kanal.

Langkah 4: Pilih "Tentang" di Profil Kanal Pada profil kanal, gulir ke bawah dan temukan tab "Tentang". Ketuk tab ini untuk membuka informasi lebih lanjut mengenai kanal tersebut.

Langkah 5: Temukan dan Ketuk Ikon Bendera Dalam tab "Tentang", Anda akan menemukan ikon bendera yang biasanya terletak di sebelah kanan atau bawah deskripsi kanal. Ikon ini digunakan untuk melaporkan kanal yang melanggar kebijakan komunitas YouTube.

Langkah 6: Pilih Alasan Melaporkan Setelah mengetuk ikon bendera, Anda akan melihat beberapa pilihan alasan yang berbeda untuk melaporkan kanal. Pilihlah alasan yang paling relevan dengan pelanggaran yang dilakukan oleh kanal tersebut. Pilihan ini dapat berupa penipuan, spam, kekerasan, atau konten yang tidak pantas.

Langkah 7: Jelaskan Pelanggaran Setelah memilih alasan, Anda akan diminta untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh kanal tersebut. Jelaskanlah secara singkat dan jelas mengenai pelanggaran tersebut agar pihak YouTube dapat memahami dengan tepat apa yang terjadi.

Langkah 8: Ajukan Laporan Setelah menjelaskan pelanggaran dengan jelas, Anda dapat mengirim laporan dengan mengetuk tombol "Ajukan". YouTube akan kemudian memproses laporan Anda dan melakukan tindakan sesuai kebijakan yang berlaku.

Penting untuk diingat bahwa melaporkan kanal hanya akan efektif jika kanal tersebut benar-benar melanggar kebijakan komunitas YouTube. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan jelas agar pihak YouTube dapat mengambil tindakan yang sesuai.

YouTube memiliki tim yang berdedikasi untuk memeriksa laporan yang masuk dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna. Namun, hargailah bahwa proses ini dapat memakan waktu dan mungkin tidak memberikan hasil seketika.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melaporkan kanal yang melanggar kebijakan komunitas YouTube melalui perangkat seluler. Melaporkan kanal yang tidak pantas atau melanggar hukum adalah cara yang efektif untuk membantu meningkatkan kualitas konten komunitas YouTube. Ingatlah untuk tetap menggunakan platform ini secara bertanggung jawab dan menghormati kebijakan yang ada.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *