news

2023-10-18

how to write results and discussion in a research paper ppt

Bagian hasil dan diskusi dalam paper penelitian merupakan bagian penting yang secara rinci membahas hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian serta interpretasi dan analisis yang terkait. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menulis bagian hasil dan diskusi dalam presentasi penelitian PowerPoint (PPT) kamu. Sebagai acuan, artikel ini akan mencakup sekitar 600-800 kata.

1. Pendahuluan Dalam memulai presentasi PPT tentang hasil dan diskusi penelitian kamu, penting untuk memberikan latar belakang singkat tentang penelitian yang telah dilakukan. Sampaikan tujuan penelitian dan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang mencerminkan alasan kamu melakukan penelitian. Pendekatan atau metode penelitian juga diperbolehkan disinggung untuk memberikan gambaran singkat.

2. Menyajikan Hasil Setelah latar belakang, mulailah menyajikan hasil penelitian yang telah kamu peroleh. Gunakan grafik, tabel, dan klip gambar untuk memvisualisasikan data dengan jelas dalam PPT kamu. Pastikan semua grafik dan tabel dijelaskan secara rinci, termasuk judul grafik/tabel, sumbu x dan y, dan deskripsi apa yang sedang diperlihatkan. Dalam penulisan hasil, kamu perlu menghindari interpretasi atau analisis. Fokus hanya pada gambaran menyeluruh tentang data yang diperoleh dan presentasikan hasil secara obyektif.

3. Analisis dan Interpretasi Setelah semua data ditampilkan, saatnya menginterpretasikan hasil penelitian kamu. Pelajari data dengan teliti dan hubungkan hasil dengan tujuan penelitian dan pertanyaan penelitian kamu. Jelaskan hasil yang signifikan dan kontribusi penelitian kamu terhadap bidangnya. Di sini, kamu juga bisa mengaitkan hasil kamu dengan penelitian sebelumnya yang relevan.

4. Diskusi dan Kesimpulan Bagian diskusi dalam presentasi PPT kamu adalah ruang untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hasil penelitian dan membandingkannya dengan hasil penelitian sebelumnya atau penelitian yang serupa. Fokus pada interpretasi hasil penelitian kamu dan jelaskan implikasinya secara ilmiah. Bahkan, kamu juga bisa membahas keterbatasan penelitian.

Terakhir, sampaikan kesimpulan yang ringkas dan padat sebagai penutup presentasi kamu. Jelaskan bagaimana hasil penelitian kamu dapat diaplikasikan di bidang yang lebih luas dan ajukan pertanyaan-pertanyaan penelitian baru yang mungkin muncul berdasarkan hasil penelitian yang telah kamu peroleh.

5. Referensi Sertakan daftar referensi sebagai tanda kemampuan kamu dalam mengacu ke literatur yang relevan. Pastikan mengikuti format referensi yang ditentukan oleh jurnal atau institusi tempat kamu menerbitkan penelitian kamu.

Demikianlah panduan dalam menulis hasil dan diskusi dalam presentasi PPT penelitian. Pastikan untuk menjaga presentasi tetap jelas, ringkas, dan mudah dipahami oleh audiens. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan mampu mengkomunikasikan penelitian kamu secara efektif dalam PPT.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *