news

LASTEST NEWS

2023-10-19

pbat polymer full form

PBAT Polymer atau Polybutyrate Adipate Terephthalate adalah suatu jenis polimer yang telah dikembangkan untuk menggantikan polietilen (PE) berbasis minyak bumi dalam berbagai aplikasi. Polybutyrate Adipate Terephthalate merupakan hasil dari gabungan tiga monomer, yaitu butirat, adipat, dan tereftalat. PBAT polymer merupakan salah satu jenis polimer yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan baku terbarukan.

Full Form PBAT adalah Polybutyrate Adipate Terephthalate. PBAT memiliki sifat fisik yang dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Sifat-sifat ini meliputi kekuatan mekanik, transparansi, sifat termal, dan sifat degradabilitas. PBAT ditemukan dengan menggunakan teknologi fermentasi mikroorganisme untuk menghasilkan monomer butirat yang tidak ada hubungannya dengan polietilen. Proses produksi PBAT memanfaatkan sumber energi yang terbarukan, seperti biomassa dan produk sampingan pertanian.

Kelebihan PBAT adalah sifat daur ulang yang tinggi. PBAT dapat terurai secara alami oleh mikroba sehingga dapat diuraikan dalam bentuk karbon dioksida (CO2), air, dan biomassa. Hal ini membuat PBAT menjadi alternatif yang sangat baik untuk mengurangi dampak negatif polimer terhadap lingkungan. Selain itu, PBAT juga memiliki kekuatan yang baik, kekerasan yang rendah, serta elastisitas yang baik. PBAT juga memiliki sifat optik yang bagus, yaitu transparansi tinggi dan resistensi terhadap goresan.

PBAT diproduksi dengan menggunakan metode polimerisasi gravitasi atau melt-phase, yaitu melelehkan monomer monobutirat, adipat, dan tereftalat yang kemudian direaksikan untuk membentuk rantai polimer PBAT. Metode polimerisasi melt-phase ini memungkinkan PBAT untuk digunakan dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan sifat fisik yang berbeda. Dalam proses ini, monomer monobutirat dicampur dengan adipat dan tereftalat dalam komposisi yang sesuai, kemudian dicampur dan dipanaskan hingga meleleh. Setelah meleleh, campuran tersebut kemudian didinginkan dan dibentuk menjadi pellet PBAT.

Aplikasi PBAT sangat luas dan dapat digunakan dalam berbagai industri. PBAT dapat digunakan dalam pembuatan film plastik, kemasan makanan, kantong belanja, kantong kompos, serta tali dan benang. PBAT juga digunakan dalam industri pembuatan plastik yang ramah lingkungan, seperti pengemasan makanan, botol, dan wadah kosmetik. PBAT juga digunakan dalam produk-produk non-makanan seperti tali dan benang, serta produk-produk medis seperti alat bedah sekali pakai dan dressing luka.

PBAT dianggap sebagai solusi yang inovatif dalam mengurangi dampak negatif polimer terhadap lingkungan. Penggunaan PBAT dalam berbagai aplikasi dapat membantu mengurangi konsumsi minyak bumi dan emisi karbon dioksida yang dihasilkan. Selain itu, PBAT juga dapat mendukung pengembangan industri daur ulang plastik yang lebih lanjut. PBAT memiliki potensi besar untuk menggantikan polietilen berbasis minyak bumi dalam waktu yang akan datang.

Dalam beberapa tahun terakhir, PBAT telah menjadi fokus dalam penelitian dan pengembangan industri plastik. PBAT memberikan harapan bagi industri plastik untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin tinggi akan produk ramah lingkungan. Dengan sifat-sifat dan potensi penggunaannya yang sangat baik dalam berbagai aplikasi, PBAT polymer diperkirakan akan semakin populer dan digunakan secara luas di masa mendatang.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *