news

2023-10-19

plastics in the European Union until 2021 are to be withdrawn from packaging and replaced with other

Plastik merupakan salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam industri kemasan. Namun, dampak negatif dari penggunaan plastik terhadap lingkungan semakin menjadi perhatian besar di seluruh dunia. Di Uni Eropa, langkah-langkah telah diambil untuk mengurangi penggunaan plastik dalam industri kemasan dengan harapan untuk mengurangi dampak negatifnya. Sebagai bagian dari upaya ini, hingga tahun 2021, plastik di Uni Eropa akan ditarik dari kemasan dan digantikan dengan bahan lain yang lebih ramah lingkungan.

Keputusan untuk menarik plastik dari kemasan di Uni Eropa hingga tahun 2021 adalah hasil dari studi yang mendalam dan pemantauan terhadap dampak penggunaan plastik terhadap lingkungan. Plastik, terutama plastik sekali pakai, telah menjadi ancaman serius bagi kehidupan laut dan ekosistem global. Banyak jenis plastik mengambil waktu ratusan tahun untuk terurai dan selama proses ini mereka melepaskan zat kimia berbahaya yang dapat mencemari lautan dan mengganggu keseimbangan ekosistem.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara anggota Uni Eropa telah mulai menangani masalah ini dengan menerapkan langkah-langkah pengurangan penggunaan plastik secara bertahap. Beberapa langkah yang telah diambil termasuk pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di supermarket, pengurangan pemakaian plastik di sektor makanan dan minuman, dan pembatasan penggunaan mikroplastik dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi.

Penghapusan plastik dari kemasan di Uni Eropa hingga tahun 2021 akan melibatkan kolaborasi antara pabrikan, pemasok, dan beberapa departemen pemerintah yang bertanggung jawab atas pengawasan produk dan penggunaan bahan kimia. Langkah-langkah praktis akan diberlakukan untuk mencegah masuknya plastik baru ke dalam rantai pasokan dan memastikan bahwa semua kemasan yang beredar di pasar Uni Eropa setelah 2021 tidak lagi menggunakan plastik.

Salah satu alternatif yang sedang dikembangkan sebagai pengganti plastik di industri kemasan adalah bahan-bahan biodegradable dan ramah lingkungan seperti kertas, karton, dan bahan baku nabati. Bahan-bahan ini memiliki kemampuan untuk terurai dengan cepat setelah digunakan, mengurangi dampak lingkungan mereka. Selain itu, mereka juga dapat didaur ulang dan digunakan kembali, membantu mendorong ekonomi sirkular.

Implementasi penggantian plastik dalam kemasan di Uni Eropa tidak akan terjadi seketika. Proses ini akan berlangsung bersamaan dengan transisi yang berkelanjutan dari industri plastik ke industri yang lebih berkelanjutan dalam hal penggunaan bahan baku dan proses produksi. Ini akan mencakup perubahan dalam desain kemasan, penggunaan teknologi baru, serta investasi dalam riset dan pengembangan untuk menghasilkan bahan baku yang lebih ramah lingkungan.

Penghapusan plastik dari kemasan di Uni Eropa hingga tahun 2021 adalah langkah besar yang akan mengurangi dampak negatif industri kemasan terhadap lingkungan. Ini adalah tindakan yang penting dalam upaya global untuk melindungi ekosistem laut yang rapuh, meminimalkan emisi karbon, dan mengurangi ketergantungan pada sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Dengan kolaborasi yang tepat antara pemerintah, produsen, dan konsumen, kita dapat mencapai tujuan ini dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *