news

2023-10-19

pre-specified analysis vs post hoc

pre-specified analysis vs post hoc: Memahami Perbedaan dan Implikasinya

Dalam dunia penelitian, analisis statistik digunakan untuk mengevaluasi dan menguji hipotesis yang diajukan dalam sebuah penelitian. Ada dua jenis pengujian statistik yang umum digunakan: pre-specified analysis dan post hoc analysis. Dalam tulisan ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis analisis ini serta implikasi yang mungkin terkait dengan penggunaannya.

Pre-specified analysis, seperti namanya, adalah analisis statistik yang direncanakan dan ditentukan sebelum penelitian dimulai. Pada tahap perencanaan penelitian, peneliti menentukan variabel-variabel yang akan dianalisis dan hipotesis yang akan diuji. Rencana analisis ini sering kali terdokumentasi dalam protokol penelitian yang kemudian digunakan sebagai panduan dalam menjalankan penelitian tersebut.

Salah satu keuntungan dari pre-specified analysis adalah mengurangi kemungkinan bias selektif dalam analisis data. Dengan menentukan variabel yang akan dianalisis sebelumnya, peneliti dapat menghindari memilih variabel yang memberikan hasil yang lebih menguntungkan atau sesuai dengan hipotesis mereka. Hasil yang diperoleh dari pre-specified analysis cenderung lebih valid dan dapat diandalkan karena tidak dipengaruhi oleh perubahan hipotesis atau analisis yang dilakukan setelah melihat hasil data.

Di sisi lain, post hoc analysis adalah jenis analisis statistik yang dilakukan setelah data dikumpulkan dan tanpa menggunakan rencana atau protokol analisis yang telah ditentukan sebelumnya. Analisis ini sering kali dilakukan ketika peneliti menemukan hasil yang menarik atau tak terduga dari data yang telah dikumpulkan. Kepentingan terhadap temuan ini mengarahkan peneliti untuk melakukan analisis tambahan atau memeriksa hubungan lain yang mungkin tidak direncanakan dalam penelitian awal mereka.

Post hoc analysis memiliki kelebihan dalam menemukan hubungan yang tidak terduga dan menarik dalam data. Namun, analisis semacam ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, karena analisis ini dilakukan tanpa rencana atau panduan sebelumnya, ada risiko tinggi untuk menemukan hubungan palsu atau hasil yang tidak valid. Peneliti mungkin saja melakukan analisis yang berbeda-beda tergantung pada hasil yang mereka temukan, yang dapat menyebabkan bias dalam pelaporan hasil.

Selain itu, ada juga kekhawatiran etika yang terkait dengan post hoc analysis. Beberapa peneliti mungkin cenderung untuk memilih dan melaporkan hasil yang menarik secara statistik tanpa memberikan konteks atau penjelasan yang cukup. Hal ini dapat mengarah pada kesalahan interpretasi atau penafsiran yang keliru terhadap data. Sebagai peneliti, penting untuk menyajikan temuan secara objektif dan transparan, terlepas dari seberapa menarik atau tidak terduga hasil tersebut.

Dalam beberapa kasus, kombinasi dari kedua jenis analisis ini juga mungkin terjadi. Pre-specified analysis dapat menjadi dasar utama dalam penelitian sementara post hoc analysis digunakan sebagai eksplorasi tambahan atau penemuan yang tak terduga.

Penting diketahui bahwa tidak ada jenis analisis yang lebih superior daripada yang lain. Kedua jenis analisis ini memiliki nilai dan kegunaan mereka masing-masing, tergantung pada tujuan penelitian dan konteksnya. Namun, dalam upaya meningkatkan integritas penelitian dan ketepatan hasil, pre-specified analysis lebih disukai karena mampu menghilangkan bias selektif dan mendukung validitas temuan penelitian.

Dalam kesimpulan, pre-specified analysis dan post hoc analysis adalah dua jenis analisis statistik yang berbeda dalam perencanaan, tujuan, dan penerapannya. Sementara pre-specified analysis digunakan sebelumnya dalam perencanaan penelitian, post hoc analysis dilakukan setelah data dikumpulkan dan ketika hasil yang menarik ditemukan. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan mereka sendiri, dan pemilihan yang tepat harus mempertimbangkan tujuan penelitian serta pentingnya integritas dan validitas hasil penelitian.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *