news

2023-10-20

what is pbat plastic made from

Plastik adalah bahan yang terbuat dari polimer, yang berarti mereka terdiri dari molekul-molekul organik yang panjang dan saling berkaitan. Ada banyak jenis plastik yang berbeda, satu di antaranya adalah PBAT (Polybutyrate adipate terephthalate). PBAT merupakan jenis plastik ramah lingkungan yang telah mendapatkan perhatian yang cukup banyak akhir-akhir ini karena sifatnya yang bisa terdegradasi.

PBAT adalah turunan poliester yang dibuat melalui proses polikondensasi antara polybutylene adipate dengan terephthalic acid atau ester polibutylen adipat dengan tereftalat asam. PBAT terdiri dari bagian butiran yang terikat satu sama lain, membentuk rantai panjang. Karena ikatan ini, PBAT memiliki kekuatan dan keuletan yang cukup baik, serta kemampuan untuk ditekuk dan diberikan bentuk yang bervariasi.

Proses penciptaan PBAT dimulai dengan mengkombinasikan polybutylene adipate dengan terephthalic acid atau ester polibutylen adipat dengan tereftalat asam. Selanjutnya, campuran tersebut melewati suhu tinggi dan tekanan, yang memungkinkan ikatan untuk terbentuk di antara molekul. Proses ini disebut dengan polikondensasi. Apabila pola ikatan terbentuk di seantero materi tanpa jeda, maka itu akan memunculkan kekuatan dan keuletan.

PBAT fitur unik termasuk biodegradabilitas yang tinggi karena sifat ester yang terdapat dalam struktur kimiawinya. Ketika PBAT dibuang ke alam, enzim alami akan bereaksi dengan ikatan ester dalam plastik. Proses ini memecah molekul-molekul plastik menjadi fragmen yang lebih kecil sehingga dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Hal ini memungkinkan PBAT terdegradasi dan kembali menjadi bahan alami seperti air, karbon dioksida, dan biomassa dalam jangka waktu tertentu.

Keberadaan PBAT di pasaran mendapat dukungan, terutama dari industri makanan dan minuman, yang sering menggunakan plastik sekali pakai atau kemasan yang sulit terurai. PBAT menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan karena dapat terurai secara alami setelah digunakan. Selain itu, PBAT juga dapat digunakan dalam pembuatan kantong belanja, peralatan rumah tangga, film stretch, dan berbagai produk lainnya yang membutuhkan keuletan dan biodegradabilitas.

Namun, keberadaan PBAT sebagai plastik ramah lingkungan juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan plastik konvensional. Pembuatan PBAT membutuhkan bahan baku khusus dan proses yang lebih rumit, yang meningkatkan biaya produksi. Selain itu, PBAT juga memiliki sifat lebih reaktif terhadap cahaya dan panas, yang berarti plastik ini perlu disimpan dengan hati-hati agar tidak mengalami degradasi sebelum digunakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, upaya telah dilakukan untuk meningkatkan karakteristik PBAT dan mengurangi biayanya. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencari penambahan bahan dan teknologi produksi yang dapat meningkatkan sifat plastik, seperti kekuatan, keuletan, dan biodegradabilitasnya. Dengan pengembangan lebih lanjut, PBAT memiliki potensi untuk menjadi solusi masa depan dalam mengatasi masalah limbah plastik.

Dalam kesimpulan, PBAT adalah jenis plastik ramah lingkungan yang terbuat dari poliester. PBAT memiliki kemampuan untuk terurai secara alami setelah digunakan karena sifat esternya. Meskipun PBAT memiliki beberapa kekurangan, gelombang positif tercermin dalam dukungan industri dan penelitian yang terus berkembang. PBAT adalah contoh plastik yang berusaha untuk memberikan alternatif yang lebih ramah lingkungan dalam mengatasi masalah limbah plastik.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *