news

2023-10-20

what to do with compostable bags

Apa yang Harus Dilakukan dengan Kantong Komposable?

Di tengah meningkatnya kesadaran akan dampak buruk sampah plastik terhadap lingkungan, penggunaan alternatif bahan baku untuk kantong belanja semakin populer. Salah satu perubahan signifikan adalah peralihan dari kantong plastik biasa ke kantong komposable, yang merupakan solusi yang lebih ramah lingkungan.

Kantong komposable adalah kantong yang terbuat dari bahan alami yang memungkinkan mereka terurai secara alami dan tidak meninggalkan residu berbahaya. Namun, banyak orang sering kali kebingungan tentang apa yang harus dilakukan dengan kantong komposable setelah menggunakannya. Artikel ini akan membahas beberapa saran tentang apa yang bisa dilakukan dengan kantong komposable.

1. Gunakan kembali kantong komposable untuk menyimpan barang-barang.

Meskipun kantong komposable dirancang untuk dapat terurai, itu bukan berarti kita harus segera membuangnya setelah digunakan sekali. Kita dapat menggunakan kembali kantong tersebut untuk berbagai keperluan penyimpanan, seperti menyimpan makanan di lemari es, membawa peralatan makan bekal, atau bahkan menyimpan mainan anak-anak. Dengan cara ini, kita dapat memanfaatkan umur pakai kantong tersebut sebelum akhirnya membuangnya.

2. Kompos kantong-kantong komposable.

Salah satu keuntungan utama kantong komposable adalah kemampuan mereka untuk terurai secara alami. Oleh karena itu, kita dapat membuangnya di komposter rumah untuk membantu dalam proses pengomposan. Pastikan bahwa kantong tersebut tidak mengandung logam, plastik konvensional, atau bahan beracun lainnya yang dapat menghambat proses pengomposan. Sebagai alternatif, kantong-kantong ini juga dapat dikomposkan di fasilitas pengomposan skala besar jika tersedia di daerah tempat tinggal kita.

3. Kembalikan ke tempat pembelian.

Beberapa toko maupun supermarket yang ramah lingkungan, terutama yang menjual produk organik, mungkin menerima kembali kantong komposable yang sudah digunakan. Mereka kemudian akan memastikan bahwa kantong tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik, baik itu dengan proses pengomposan di komposter rumah mereka sendiri atau menggunakan fasilitas pengomposan eksternal yang mereka miliki. Anda dapat melakukan pengecekan lebih lanjut dengan toko-toko atau supermarket di daerah Anda apakah mereka menerima kantong komposable untuk daur ulang.

4. Buang dengan benar.

Jika tidak ada opsi kompos atau tempat pembelian yang menerima kantong komposable, kita harus memastikan bahwa kita membuangnya dengan benar. Periksa aturan pengelolaan sampah di daerah kita untuk mengetahui apakah kantong dapat dibuang bersama dengan limbah organik atau apakah mereka harus dibuang di tempat sampah biasa. Jangan membuangnya di tempat sampah plastik, karena ini akan menghambat proses penguraian alami dari kantong tersebut.

5. Hindari hal-hal yang bisa membahayakan komposable.

Setelah kita memahami bahwa kantong komposable tidak harus dihancurkan oleh mikroorganisme pengurai, penting untuk diingat agar tidak mengisi kantong-kantong tersebut dengan bahan-bahan lain yang dapat menghambat penguraian alami. Jangan mengisi kantong komposable dengan bahan-bahan seperti plastik konvensional, logam, atau bahan beracun lainnya. Ini akan menghambat atau bahkan menghentikan proses pengomposan yang diharapkan dari kantong tersebut.

Dalam upaya kita untuk mengurangi limbah plastik yang merusak lingkungan, kantong komposable adalah alternatif yang ramah lingkungan. Namun, penting untuk memahami bagaimana mengelolanya dengan benar. Dengan menggunakan kembali kantong tersebut, mengomposkannya, mengembalikannya kepada tempat pembelian, atau membuangnya dengan benar, kita dapat memberikan kontribusi positif terhadap perlindungan lingkungan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *